OJK Bakal Tambah 20 Bank Wakaf Mikro Tahun Ini

Jum'at, 06 April 2018 - 09:56 WIB
OJK Bakal Tambah 20 Bank Wakaf Mikro Tahun Ini
OJK Bakal Tambah 20 Bank Wakaf Mikro Tahun Ini
A A A
PURWOKERTO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong kehadiran Bank Wakaf Mikro (BWM) pada sejumlah daerah dengan menargetkan menambah lagi pada 20 titik sepanjang tahun ini. Skema pembiayaan ini dinilai berdampak positif pada pergerakan perekonomian di daerah serta memperluas akses keuangan bagi masyarakat

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Soekro Tratmono mencatat, bahwa pada akhir Maret 2018, nasabah Bank Wakaf Mikro telah mencapai 3.876 nasabah. Hal itu terus dikarenakan BWM menarik bagi masyarakat di beberapa daerah.

"Bertambah 3.049 nasabah atau tumbuh sebesar 368,7% . Padahal tahun lalu pesertanya hanya 827," ujar Ahmad Soekro Tratmono di Purwokerto, Jumat (6/4/2018).

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa akan terus menambah 20 BWM di beberapa pesantren di Indonesia. Utamanya di pulau Sumatera yang menjadi fokus OJK dalam membangun BWF.

"Sekarang di masyarakat sudah ada 20 Bank Wakaf Mikro (BWM). Next akan dirikan 20 lagi, saat ini masih pulau Jawa, mungkin nanti akan kita arahkan Sumatera, Madura, Papua, Sulawesi dan Kalimantan," katanya.

Dia menambahkan kebanyakan nasabah BWM berasal dari pedagang kecil. Lantaran, BWM juga memberikan pendampingan bagi kelompok untuk membantu pemberdayaan masyarakat kecil di daerah."Nah donatur siapa, tentu siapa saja yang peduli terhadap pengembang masyarakat miskin," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)