Pelindo III Sediakan Pasokan Listrik Dari Dermaga ke Kapal

Senin, 09 April 2018 - 22:07 WIB
Pelindo III Sediakan...
Pelindo III Sediakan Pasokan Listrik Dari Dermaga ke Kapal
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero melalui anak usahanya, PT BerIian Jasa Terminal Indonesia (BJTI ) kini menyediakan fasilitas shore connection kapal. Shore connection merupakan salah satu layanan penyediaan pasokan daya Iistrik dari dermaga ke kapal. Pasokan listrik berasal dari PT Lamong Energi Indonesia (LEGI), anak usaha PT BJTI.

Layanan ini baru diterapkan di dermaga BJTI, salah satu dermaga di Pelabuhan Tanjung Perak. Shore connection sendiri berfungsi membantu pengoperasian kapal untuk mesin induk, operasi muatan, mesin generator, navigasi dan mendukung kegiatan operasi mesin kapal Iainnya.

Sehingga kapal yang sandar di dermaga tidak Iagi menggunakan BBM Auxiliary Engine yang biayanya Iebih mahal. “Ini bagian dari upaya kami melakukan efisiensi biaya logistik. Sebab, dengan layanan shore connection ini, biaya BBM bisa ditekan hingga 30%,” kata CEO Pelindo III, Ari Askhara, Senin (9/4/2018).

Saat ini, sudah ada sejumlah perusahaan yang bekerjasama dengan PT LEGI untuk pemanfaatan layanan shore connection di dermaga BJTI. Diantaranya, PT Mentari Line, PT Tanto Intim Line, PT PeIayaran Tempuran Emas Tbk, PT Salam Pacific Indonesia Lines dan PT Meratus Line.

“Penggunaan shore connection mempunyai beberapa benefit. Antara Iain energy saving karena dapai mengurangi konsumsi bahan bakar kapal saat kapal bersandar. Ini karena mendapat pasokan Iistrik yang ada di dermaga. Sehingga dapat menyumbang enfiensi biaya energi,” tandas Ari.

Pengunaan shore connection, lanjut dia, juga ramah lingkungan. Ini karena mengkonversi BBM Auxiliary Engine menjadi elektrifikasi. Kemudian mengurangi emisi gas karbon yang berasal dari aktivitas kepelabuhanan. Saat ini, shore connections sudah dapat dioperasikan untuk melayani kapal peti kemas domestik. “Kemungkinan kedepannya juga akan melayani kapal peti kemas internasional,” tandas Ari.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Meratus Line Rudy Supriadi mengatakan, saat ini pihaknya baru menguji coba memanfaatkan layanan shore connection di BJTI. Nantinya, jika memang berhasil menekan biaya BBM kapal selama sandar di dermaga, pihaknya tetap melanjutkan. "Sejauh ini kami belum tahu ya berapa nilai efisiensinya. Tapi kalau menurut Pelindo III bisa menekan biaya hingga 30%," katanya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)