HET Beras Medium Mulai Berlaku, Mendag Klaim Ada Penurunan Harga

Jum'at, 13 April 2018 - 16:55 WIB
HET Beras Medium Mulai Berlaku, Mendag Klaim Ada Penurunan Harga
HET Beras Medium Mulai Berlaku, Mendag Klaim Ada Penurunan Harga
A A A
BATAM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium sebesar Rp9.450/kg telah berlaku bertahap di beberapa daerah. Bahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim telah ada penurunan harga beras.

Terkait menjaga stabilitas harga beras sehingga tidak menimbulkan efek inflasi, Mendag mengaku telah melakukan rapat bersama Wakil Presiden (Wapres) Yusuf Kalla. "Sekarang sudah turun secara signifikan. Tadi saya rapat bersama Wapres, sudah turun secara bertahap," ujar Enggar di Batam, Jumat (13/4/2018).

Seperti diketahui kebijakan HET untuk beras medium sebesar Rp9.450/kg yang sebelumnya berlaku resmi sejak awal April 2018, telah diundur oleh Kemendag menjadi hari ini, 13 April 2018. Para pedagang di pasar tradisional diminta menerapkan harga tersebut mulai April.

Penetapan harga tersebut merupakan bagian dari upaya pengendalian harga bahan pokok menjelang bulan ramadan. Kemendag mengajak asosiasi pedagang dan beberapa lembaga terkait untuk membicarakan upaya pengendalian harga bahan pokok lainnya.

Kemendag sendiri diterangkan terus melakukan pemantauan harga agar ditetapkan menyeluruh. Pasalnya, Kemendag pun tak bisa memberikan sanksi langsung kepada para penjual.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)