Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Minggu, 22 April 2018 - 14:54 WIB
Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan
Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan
A A A
Jika Anda memiliki kesempatan untuk membangun rumah Anda dari awal, bukan membelinya yang sudah jadi, Anda akan merasakan pengalaman yang mendebarkan. Anda bisa mendesain rumah Anda secara spesifik sesuai dengan keinginan, mulai dari jumlah kamar tidur hingga desain eksteriornya.

Namun, bukan itu saja keuntungan yang akan Anda peroleh. Membangun rumah bisa menjadi investasi jangka panjang dan itu bukan sesuatu yang bisa dianggap mudah. Proses membangun rumah tidak semudah yang Anda bayangkan karena ada begitu banyak persiapan yang harus Anda lakukan. Namun,jangan khawatir karena tim Arsitag.com sudah merangkum lima hal yang harus Anda persiapkan sebelum membangun rumah:

1. Mengumpulkan biaya
Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Mempertimbangkan jumlah biaya (Sumber: pexels.com)

Yang paling utama dari semuanya adalah masalah biaya dalam membangun rumah. Anda harus mempertimbangkan apakah jumlah biaya yang Anda miliki mampu mencukupi segala seuatu yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian Anda. Mulai dari biaya membeli lahan, material bahan bangunan, serta membayar biaya konstruksi. Bahkan, ketika fisik bangunan sudah jadi pun, Anda harus melengkapinya dengan berbagai dekorasi yang akan membuat rumah Anda menjadi lebih menarik.

2. Mencari kontraktor terbaik
Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Ajukan banyak pertanyaan kepada kontraktor (Sumber: pexels.com)

Tidak semua kontraktor memilki kualitas yang baik sehingga jangan anggap mereka sama. Setiap kontraktor memilki cara dan perhitungan tersendiri dalam membangun rumah, dan beberapa di antaranya bahkan ada yang memangkas biaya material demi memperoleh kuntungan sebesar-sebesarnya.

Padahal, Anda sudah membayarnya dengan mengharap kualitas terbaik. Oleh karena itu, ketika Anda mencari kontraktor yang baik untuk mendesain dan membangun rumah Anda, ajukan banyak pertanyaan hingga Anda merasa jelas. Mintalah untuk melihat portofolio yang pernah mereka kerjakan sebelumnya untuk memastikan apakah mereka mampu memenuhi keinginan Anda

3. Mereview desain rumah

Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Desain rumah impian (Sumber: pexels.com)

Pastikan bahwa gambar desain rumah yang diberikan oleh kontraktor kepada Anda memiliki efisiensi energi yang cukup baik. Meskipun sudah sesuai dengan keinginan Anda, pastikan kembali apakah desain tersebut memiliki pencahayaan alami yang memadai dan sirkulasi udara yang lancar. Jangan sampai rumah Anda kekurangan jendela atau kamar mandi Anda terasa pengap karena tidak memiliki ventilasi udara. Yang jelas, rumah Anda harus ramah lingkungan dan tidak terlalu bergantung pada pencahayaan lampu.

4. Mencari material berkualitas

Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Membeli material dan bahan bangunan berkualitas (Sumber: pexels.com)

Beberapa dari Anda mungkin akan berusaha meminimalkan biaya pengeluaran dengan menggunakan material dan bahan bangunan berkualitas rendah, tetapi penghematan Anda akan segera berubah menjadi pengeluaran yang besar ketika Anda harus memperbaiki kerusakaan yang disebabkan oleh bahan berkualitas rendah. Meskipun murah, Anda harus memperhatikan efek jangka panjangnya. Jadi, tidak ada salahnya Anda membeli material dan bahan bangunan
yang berkualitas tinggi meskipun harganya sedikit lebih mahal.

5. Mendengarkan nasihat orang lain

Pengen Bangun Rumah? Ini Hal Penting Yang Wajib Anda Persiapkan

Meminta nasihat orang lain (Sumber: pexels.com)

Akan ada banyak hal yang Anda lalui saat membangun rumah impian, dan tidak semuanya bisa Anda pahami secara mudah. Di saat seperti itu, Anda harus mendengarkan nasihat dari orang lain. Anda bisa meminta nasihat dari orang lain yang sudah pernah membangun rumah, atau meminta saran dari anggota keluarga Anda. Sedangkan masalah desain dan konstruksi, dengarkan apa yang dikatakan oleh arsitek, kontraktor, dan desainer Anda. Mereka memiliki pengalaman yang cukup baik, jadi jangan abaikan saran dan pendapat mereka tentang desain rumah impian Anda.

Adakalanya Anda merasa panik dan takut saat sedang membangun rumah, tetapi adakalanya pula Anda akan merasa bersyukur dan bahagia karena rumah yang Anda bangun sudah bisa ditempati oleh Anda dan keluarga tercinta. Membangun rumah memang tidak semudah yang dibayangkan, tetapi perjuangan Anda akan terbayar dengan hasilnya. (Antaresa)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4176 seconds (0.1#10.140)