Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Sabtu, 05 Mei 2018 - 15:59 WIB
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda
A A A
Lantai adalah bagian yang sangat penting dari sebuah bangunan. Di sanalah para penghuninya berjalan dan meletakkan barang-barang. Lantai adalah komponen horizontal dalam struktur bangunan yang membagi bangunan ke tingkatan-tingkatan yang berbeda untuk menciptakan lebih banyak ruang untuk akomodasi.

Memilih finishing lantai rumah sama pentingnya dengan mencari warna cat dinding yang cocok. Karena lantai adalah bagian yang cukup dominan, penting untuk memilih motif keramik yang tepat. Di saat yang sama, Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal lain termasuk kelembaban udara, ketahanan,harga hingga cara pemasangan.

Sebelum memutuskan jenis finishing lantai apa yang cocok untuk rumah Anda, ada baiknya Anda mencari tahu dengan baik apa yang Anda butuhkan. Simak tips memilih finishing lantai dari Arsitag.com dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini!
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Kamar Mandi Memiliki Kelembaban Berbeda Sehingga Memerlukan Lantai Khusus (Sumber:armstrongflooring.com)

Apakah ada ruangan di rumah Anda yang memiliki kelembaban berbeda?
Jika ya, Anda membutuhkan lantai yang cocok untuk lingkungan dengan kelembaban tinggi atau sedang, seperti beton, ubin keramik atau porselen, atau ubin vinil. Salah satu contoh ruang dengan kelembaban tinggi adalah kamar mandi . Jika tidak, semua jenis lantai bisa Anda gunakan.
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Anak atau Peliharaan Mungkin Membutuhkan Lantai yang Lebih Tahan Lama (Sumber: nobel.ba)

Apakah Anda memiliki peliharaan, anak kecil, atau hal lain yang memerlukan lantai dengan kekuatan ekstra?

Jika ya, Anda akan membutuhkan lantai dengan ketahanan tinggi. Ada beberapa contoh lantai yang kelihatan kuat, padahal tidak. Sebagai contoh, kayu keras padat yang sudah jadi dapat dengan mudahtergores. Keuntungannya adalah goresan itu bisa dihilangkan dengan ampelas. Sebaliknya, cobalah lantai yang tahan lama seperti ubin keramik atau porselen, lantai laminasi, lantai vinyl papan, atau bahkan karpet.

Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Pilih Lantai yang Paling Sesuai dengan Budget Anda (Sumber: overstock.com)

Berapa budget yang Anda sediakan?
Setiap jenis lantai memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Beberapa jenis lantai yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau antara lain batu alam, mozaik marmer, lantai kayu sintetis (lantai laminasi). Berbagai macam warna keramik rumah minimalis juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang
cukup terjangkau.

Jika budget yang Anda sediakan cukup besar, Anda bisa bereksplorasi dengan pilihan yang lebih luas. Lantai kayu yang eksotis dari kayu cherry Brazil atau mahoni akan jadi pilihan yang menawan. Anda juga bisa memilih lantai laminasi kualitas premium yang pasti akan semakin mempercantik interior rumah
Anda.
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Beberapa Jenis Lantai Bisa Dipasang Sendiri (mckayflooring.co.uk)

Apakah Anda ingin memasang lantai Anda sendiri?
Dengan memasang lantai Anda sendiri, Anda dapat memotong seluruh biaya instalasi lantai menjadi setengahnya. Lantai laminasi dan lantai vinil papan cenderung menjadi penutup lantai paling mudah bagi pemilik rumah untuk dipasang sendiri. Keduanya adalah lantai apung, yang berarti setiap papan
terhubung ke papan yang berdekatan (tidak ke subfloor). Pemasangan keramik dan ubin porselenmungkin akan mengharuskan Anda menggunakan tenaga ahli.
Panduan Memilih Finishing Lantai Yang Cocok untuk Rumah Anda

Setiap Lantai Memiliki Tingkat Kesulitan Perawatan yang Berbeda (Sumber: quick-step.co.uk)

Apakah Anda menginginkan lantai yang tidak sulit perawatannya?
Segala bentuk lantai elastis (vinil) adalah yang adalah terbaik: berbentuk ubin, lembaran, atau papan. Lantai laminasi adalah pilihan kedua karena membutuhkan metode pembersihan khusus. Karena pel basah dapat merusak lantai jenis ini, gunakan pel yang sangat basah atau sistem seperti Swiffer Wet Jet.

Selain beberapa hal di atas, memilih finishing lantai juga berkaitan dengan selera Anda karena lantai dapat mempengaruhi suasana hati orang yang melihatnya. Tak ada salahnya bereksplorasi sehingga tak hanya menemukan bahan lantai yang memenuhi fungsi, tetapi juga memenuhi selera Anda sebagai pemilik rumah. (Anita)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5561 seconds (0.1#10.140)