Warren Buffett: Perang Dagang AS-China Adalah Sebuah Kebodohan

Minggu, 06 Mei 2018 - 06:28 WIB
Warren Buffett: Perang Dagang AS-China Adalah Sebuah Kebodohan
Warren Buffett: Perang Dagang AS-China Adalah Sebuah Kebodohan
A A A
OMAHA - Milarder kenamaan Warren Buffett mengatakan perang dagang yang dilakukan Amerika Serikat dan China selama ini, merupakan hal yang sangat bodoh. Karena itu, menurut dia, kedua negara akan menghindari melakukan sesuatu yang sangat bodoh.

Menurut pria berusia 87 tahun ini, perselisihan dalam perdagangan hal lazim namun jangan sampai melakukan tindakan bodoh. "Saya rasa kedua negara akan menghindari sesuatu yang sangat bodoh," ujarnya dalam pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway Inc di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat.

Dilansir dari Reuters, Minggu (6/5/2018), Buffett mengatakan Amerika Serikat dan China merupakan dua negara adidaya dunia secara ekonomi untuk waktu yang sangat lama. "Jadi setiap ketegangan jangan sampai membahayakan. Keduanya harus mengambil manfaat win-win dari perdagangan," sambungnya.

Persoalan perang dagang AS dan China sedang jadi sorotan, ditengah perundingan dagang delegasi AS yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin ke Beijing, China. Sejauh ini, belum ada hasil signifikan dari dialog kedua negara.

Lanjut Buffett, dengan kekuatan keduanya yang besar, sinergi justru akan membawa manfaat sangat besar. Dan perekonomian global juga bergantung kepadanya untuk mencapai kemajuan. Sebagai dua negara cerdas, kata dia, seharusnya AS dan China tidak melakukan sesuatu yang sangat bodoh.

Reuters mengabarkan pemerintahan Trump tetap menarik garis keras dalam pembicaraan perdagangan dengan China. Sumber yang dekat dengan pembicaraan perundingan dagang AS-China, menyebut Trump tetap akan menerapkan tarif impor tambahan terhadap produk-produk China, meski angkanya kini lebih rendah. Hal ini demi memangkas defisit perdagangan AS dengan China yang mencapai USD100 miliar per tahun.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8291 seconds (0.1#10.140)