Rupiah Melemah Bikin Ekspor Semen Baturaja Meningkat

Jum'at, 11 Mei 2018 - 03:36 WIB
Rupiah Melemah Bikin Ekspor Semen Baturaja Meningkat
Rupiah Melemah Bikin Ekspor Semen Baturaja Meningkat
A A A
JAKARTA - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mengekspor semen setengah jadi (klinker) ke Australia. Pada ekspor perdana kali ini, klinker diangkut dari Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Bulwer Island, Brisbane.

Direktur Utama Semen Baturaja (SMBR), Rahmad Pribadi, mengatakan bahwa ekspor mulai meningkat meskipun terjadi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Pelemahan rupiah justru dapat menguntungkan eksportir sekaligus meningkatkan ekspor Indonesia ke negara lain.

"Saya pikir saat ini adalah momentum yang paling tepat untuk memulai ekspor, termasuk ekspor klinker yang baru saja kami lakukan," ujar Rahmad dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Rahmad mengungkapkan ekspor perdana kali ini merupakan uji pengiriman (trial cargo) dengan volume 30 ribu metrik ton. Nilainya, menurut Rahmad sekitar USD1 juta. Bila trial cargo berhasil dengan baik, akan diikuti dengan kontrak jangka panjang.

Pada ekspor perdana kali ini, PT Sucofindo (Persero) menjadi lembaga yang ditunjuk Semen Baturaja sebagai surveyor yang melakukan pengambilan sampling dan analisis klinker yang akan diekspor.

Sementara PT Pelindo II (Persero) cabang Panjang, Lampung berperan sebagai lembaga yang ditunjuk Semen Baturaja untuk jasa stevedoring dan trucking di Pelabuhan Panjang.

Potensi ekspor komoditi klinker dan semen ke sejumlah negara saat ini prospeknya sangat menjanjikan. Dia memprediksi klinker akan booming pada 2018 ini, dan pada tahun-tahun berikutnya menyusul menurunnya nilai tukar rupiah dan meningkatnya permintaan di pasar internasional. Peningkatan ekspor menurutnya akan berdampak pada perekonomian nasional yang semakin membaik.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5667 seconds (0.1#10.140)