Jambore Halal Pacu UKM Ekspor Produk Halal ke Pasar Dunia

Rabu, 06 Juni 2018 - 12:22 WIB
Jambore Halal Pacu UKM Ekspor Produk Halal ke Pasar Dunia
Jambore Halal Pacu UKM Ekspor Produk Halal ke Pasar Dunia
A A A
SEMARANG - Sebanyak 150 Usaha Kecil Menengah (UKM) meramaikan kegiatan Jambore Halal 2018 yang digelar di komplek Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang. Jambore halal yang berlangsung Selasa-Kamis (5-7/6/2018) ini mengusung sejumlah kegiatan, diantaranya Halal Expo atau pameran produk halal, Halal Jateng Award, untuk tiga peringkat terbaik, paling berkomitmen, dan loyal pada SOP dalam penjaminan sistem halal.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rahmawati mengatakan, melalui kegiatan ini Pemprov Jateng mendorong pelaku UKM dapat bersertifikat halal karena masih banyak yang belum mempunyai sertifikat halal. Saat ini, sebut dia, UKM di Jateng yang bersertifikasi halal baru 494 UKM dari kurang lebih 5,1 juta UKM dan ditargetkan 2019 pelaku UKM di Jawa Tengah akan bersertifikat halal.

"Kami berharap, semakin tahun naik yang kita fasilitasi. Di Undang-Undang No 33, Tahun 2019 punya target 100 persen halal, semua produk sudah bersertifikat halal," kata Ema, Rabu (6/6/2018).

Menurut Ketua MUI Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji, dengan mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim sudah seharusnya pengenalan dan sertifikasi produk halal terus ditingkatkan. “Sampai saat ini di Jawa Tengah yang sudah bersertifikat halal ada 5 ribu produk sehingga dengan adanya Jambore Halal ini bisa meningkatkan lagi produk halal,” ujar Darodji.

Sementara itu, Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah Ferry Firmawan menyambut positif penyelenggaraan Jambore Halal 2018. Dia berharap, Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim dapat memacu ekspor produk-produk halal ke pasar dunia. “Contohnya Brazil, meski penduduk muslim di Brazil minim, namun negara tersebut dikenal sebagai pengekspor komoditas unggas terbesar ke Timur Tengah,” ungkap Ferry.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)