Bank Indonesia Bakal Sediakan Lokasi Penukaran Uang di Jalur Mudik

Rabu, 06 Juni 2018 - 17:32 WIB
Bank Indonesia Bakal Sediakan Lokasi Penukaran Uang di Jalur Mudik
Bank Indonesia Bakal Sediakan Lokasi Penukaran Uang di Jalur Mudik
A A A
JAKARTA - Arus mudik mulai berlangsung di beberapa daerah. Untuk memudahkan para pemudik menukarkan uang receh, Bank Indonesia akan menyediakan layanan penukaran uang di beberapa jalur mudik.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, layanan penukaran uang di jalur mudik untuk membantu memudahkan masyarakat yang belum sempat menukarkan uang receh.

"Tanggal 6 Juni ini hari terakhir penukaran uang di kantor bank. Selanjutnya secara mobile di jalur mudik. Nanti ada daftarnya bisa tukar uang di jalur mudik mana saja dan kilometer berapa. Bagi yang belum sempat tukar bisa tukar uang di sana," ujar Rosmaya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Dia mengungkapakan penukaran uang di jalur mudik tersebut akan dilakukan hingga H-1 Lebaran. Hal ini karena masih banyaknya masyarakat yang pulang kampung pada satu hari sebelum Lebaran.

"Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan layanan penukaran uang receh. Dan kita buka sampai H-1 Lebaran, jadi masih bisa yang mau menukarkan duitnya agar bisa memberikan ke sanak saudara," katanya.

Tidak hanya itu, BI juga membuka lokasi penukaran uang di lapangan IRTI Monas, Pekan Raya Jakarta hingga pusat perbelanjaan. Nantinya uang yang bisa ditukarkan maksimal Rp3,7 juta dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000.

Untuk menukarkan uang, masyarakat harus membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP agar didata terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar setiap orang yang hendak menukar uang tidak melebihi jatah penukaran.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)