Global Mediacom Bagi Dividen Rp69,16 Miliar

Kamis, 28 Juni 2018 - 18:15 WIB
Global Mediacom Bagi Dividen Rp69,16 Miliar
Global Mediacom Bagi Dividen Rp69,16 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Global Mediacom Tbk (BMTR) memutuskan pembagian dividen sebesar Rp69,16 miliar kepada pemegang saham. Jumlah dividen tersebut setara dengan 14% dari laba bersih 2017 sebesar Rp494 miliar.

Direktur BMTR Oerianto Guyandi mengatakan pemegang saham menyetujui penggunaan keuntungan bersih tahun 2017 sebesar Rp1 miliar akan dibukukan sebagai dana cadangan, kemudian sebagian lagi akan dipakai sebagai dividen tunai untuk pemegang saham yang masing-masing akan menerima secara proporsional, setiap satu saham berhak menerima dividen tunai sebesar Rp5 per saham.

“Pembagian dividen kurang lebih 14%. Mengenai tata cara pembagian dividen tunai tersebut akan diumumkan. Sisa laba perseroan akan dibukukan seba gai laba ditahan untuk memperkuat permodalan,” ujar Oerianto sesuai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan di Jakarta kemarin.

Oerianto menjelaskan, rencana perseroan melakukan pelepasan saham di PT MNC Vision Networks (MVN) akan rampung akhir 2018. MVN adalah anak usaha Global Media com yang fokus pada bidang telekomunikasi internet dan televisi berbayar. Target dari pelepasan saham tersebut adalah 40% yang terdiri atas saham lama dan saham baru. Menurut dia, tujuan dari pelepasan saham ini adalah untuk membuka peluang masuknya investor strategis. “Ada beberapa, tapi tidak banyak karena lebih ke arah jangka panjang,” ujarnya. BMTR berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp10,83 triliun sepanjang 2017. Dari pendapatan tersebut, perseroan meraup laba bersih sekitar Rp494 miliar.

“Pendapatan kita naik 4% sampai tahun buku 2017 sebesar Rp10,83 triliun, sehingga laba bersih Rp494 miliar,” katanya. Oerianto menjelaskan, sepanjang 2017 pendapatan BMTR bersumber dari media berbasis iklan dan konten sebesar Rp6,86 triliun, media berbasis pelanggan Rp3,14 triliun, media berbasis daring Rp657,22 miliar, dan lainnya Rp172,04 miliar. Sekitar 17,89% pendapatan usaha dari pelanggan BMTR pada 2017 berasal dari PT Wira Pamungkas Pariwara dengan nilai pendapatan sebesar Rp1,94 triliun.

Pergantian Manajemen

Sementara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT MNC Investama Tbk (BHIT) memutuskan mengubah jajaran direksi dan menyetujui dan menerima baik Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2017. Direktur Utama BHIT Darma Putra mengatakan, perseroan menyetujui dan menerima dengan baik pengunduran diri Darpito Pudyastungkoro sebagai komisaris independen perseroan, terhitung sejak ditutupnya RUPS.

“Perseroan juga memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada perseroan selama masa baktinya,” ujarnya Darma dalam kesempatan sama.

Rapat pemegang saham juga menyetujui pengangkatan Mashudi Hamka sebagai direktur perseroan dan Ricky Herbert Parulian Sihotang sebagai komisaris independen. Adapun susunan Dewan Komisaris yakni HaryTanoesoedibjo (komisaris utama), Liliana Tanoesoedibjo, Angela Herliani Tanoesoedibjo, Valencia Herliani Tanoesoedibjo (komisaris), Kardinal Alamsyah Karim, Ricky Herbert Parulian Sitohang (komisaris independen).

Adapun susunan direksii alah Darma Putra (direktur utama), Susanty Tjandra Sanusi (wakil direktur utama & direktur independen), Tien, Natalia Purnama, Jiohan Sebastian, Henry Suparman, dan Mashudi Hamka (direktur).
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5389 seconds (0.1#10.140)