Booming E-Commerce, Indonesia Kini Jadi Incaran Investor

Selasa, 24 Juli 2018 - 11:45 WIB
Booming E-Commerce, Indonesia Kini Jadi Incaran Investor
Booming E-Commerce, Indonesia Kini Jadi Incaran Investor
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, Indonesia saat ini sedang mengalami booming industri e-commerce. Industri ini pun menjadi daya tarik bagi investor asing dengan banyaknya jumlah arus modal yang masuk.

Padahal, kata Kepala BKPM Thomas Lembong, industri e-commerce tidak dilihat sama sekali empat tahun lalu. Namun sekarang, jumlah investasi yang masuk mencapai puluhan miliar dolar Amerika Serikat (USD).

"Indonesia tiba-tiba mengalami booming di e-commerce dan digital ekonomi, ini mendadak. Inflow empat tahun lalu 0, sekarang estimasi saya USD2-3 miliar per tahun atau Rp30 triliun sampai Rp40 triliun per tahun atau 15-20% dari total foreign direct investment kita per tahun," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Thomas menjelaskan, yang membanggakan buat Indonesia adalah negara ini memiliki empat unicorn dengan nilai valuasi di atas USD1 miliar. "Di seluruh Uni Eropa juga ada empat (unicorn), kita punya sama dengan totalitas di Uni Eropa," katanya.

Menurutnya, ini memperlihatkan bakat kalangan muda di Tanah Air seimbang dengan masyarakat yang juga sangat fasih dan nyaman dengan teknologi.

"Nyaman dengan gadget, sangat kreatif. Ini yang diincar investor untuk membanjiri industri (e-commerce) dengan modal internasional, ini pasar internet yang besar," pungkas Thomas.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)