10 UKM Indonesia Catat Transaksi Ratusan Juta di Tokyo

Selasa, 31 Juli 2018 - 13:10 WIB
10 UKM Indonesia  Catat Transaksi Ratusan Juta di Tokyo
10 UKM Indonesia Catat Transaksi Ratusan Juta di Tokyo
A A A
TOKYO - Kementerian Koperasi dan UKM mengirim 10 UKMpada Festival Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, di Tokyo, Jepang, Rabu (31/7), dan berhasil mencatatkan transaksi hingga ratusan juta.

Festival Indonesia digelar dalam rangka memperingati 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani saat membuka festival mengatakan, hubungan diplomatik Indonesia-Jepang telah melewati perjalanan panjang.

"Baik Indonesia maupun Jepang sebagai mitra strategis telah bekerja sama di berbagai bidang, di sektor ekonomi dan politik serta sosial dan budaya. Festival Indonesia 2018 diadakan bertujuan untuk mempererat kerja sama dan menyebarluaskan potensi budaya, serta produk unggulan Indonesia di Jepang, juga mendorong komunikasi interaktif yang sejalan dengan tujuan memupuk persahabatan dan kemitraan dinamis antarkedua negara," papar Menteri Puan.

Peserta Festival Indonesia 2018 terdiri dari 17 stakeholder baik dari kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah, dengan total 37 booth, dan 12 perusahaan di sektor makanan dan minuman. Kemenkop dan UKM berpartisipasi aktif dengan memberikan fasilitasi kepada 10 UKM Indonesia yang berasal dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Banten, Belitung, dan DKI Jakarta.
Dalam festival ini 10 UKM yang difasilitasi Kemenkop berhasil mencatat transaksi sebesar Rp135 juta, dan order potensial sebesar Rp192 juta dengan produk unggulan yang diminati yaitu silver accessories, batik warna alam, home décor, dan pearl accessories.

UKM Partisipan Kemenkop dan UKM menyajikan produk unggulan dari sektor kerajinan, fesyen, dan aksesoris yang menampilkan sumber daya alam Indonesia dan mengangkat kekayaan budaya Indonesia.

Kemenkop berharap, potensi pasar Jepang yang baik dapat dimanfaatkan oleh UKM Indonesia, khususnya untuk produk fesyen dan aksesoris.
Asisten Deputi Pemasaran Kemenkop dan UKM, Herustiati yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan pesannya kepada UKM Indonesia untuk lebih giat dalam mengakses pasar internasional karena potensinya yang masih sangat besar, khususnya karena hubungan baik yang telah terjalin lama antara Indonesia dan Jepang.

Indonesia dan Jepang menyambut 60 tahun hubungan diplomatik sejak ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian Indonesia-Jepang pada tanggal 20 Januari 1958, dan terjalinya hubungan diplomatik antar kedua negara.

Festival Indonesia 2018 di Tokyo juga dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, juga Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif, Walikota Kesennuma Prefektur Miyagi Mr. Shigeru Sugawara, Utusan Khusus Presiden untuk Jepang Rahmat Gobel, dan Wakil Ketua Japan Indonesia Association Mr. Kojiro Shiojiri.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7407 seconds (0.1#10.140)