Menteri BUMN Apresiasi Relawan Ekspedisi Papua Terang

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 17:02 WIB
Menteri BUMN Apresiasi Relawan Ekspedisi Papua Terang
Menteri BUMN Apresiasi Relawan Ekspedisi Papua Terang
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Rini M Soemarno di sela acara peresmian tiga infrastruktur listrik di Jayapura, Papua, hari ini, menyempatkan diri menemui para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Relawan Ekspedisi Papua Terang.

Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut secara sukarela bergabung dalam Tim Relawan Ekspedisi Papua Terang untuk melakukan survei ke pelosok-pelosok desa dalam rangka penyediaan data survei. Hasil survei tersebut nantinya akan digunakan sebagai acuan bagi perbaikan kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dalam pelaksanaanya, Program Ekspedisi Papua Terang dibagi dalam dua gelombang dan disebar ke lima posko dilakukan yaitu posko Nabire (jumlah relawan 64 orang), posko Merauke (jumlah relawan 45 orang), posko Jayapura (jumlah relawan 48 orang), posko Timika (jumlah relawan 31 orang) dan posko Wamena (jumlah relawan 41 orang).

Survei yang dilakukan berupa survei geografi, demografi, potensi energi baru terbarukan, dan sistem jaringan evakuasi daya listrik, pengukuran dan pengumpulan data primer, penentuan jenis dan kapasitas pembangkit, perencanaan sistem jaringan distribusi, penyusunan hasil survei, dan publikasi kegiatan survei. Hasil dari survei ini menjadi masukan bagi PT PLN (Persero) untuk mengakselerasi pembangunan kelistrikan di Papua berdasarkan potensi dan kearifan lokal di masing-masing lokasi.

PLN mencatat, dalam gelombang pertama di Bulan Agustus, tim survei sudah berhasil melakukan survei di 176 desa dari 416 Desa yang merupakan desa target survei. Dalam perjalanannya terdapat juga 243 desa tambahan yang turut di-survei oleh tim.

"Apresiasi saya bagi seluruh mahasiswa yang tergabung dalam Tim Relawan Ekspedisi Papua Terang. Ini merupakan merupakan bentuk kepedulian dan komitmen nyata mahasiwa sebagai generasi penerus bangsa bagi perbaikan kelistrikan di tanah air dan kemajuan bangsa. Terima kasih telah bergabung, tetap terus semangat dan terima kasih kepada TNI dan aparat keamanan yang sudah membantu dan mendampingi," kata Menteri Rini dalam keterangan resminya, Jumat (24/8/2018).
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6940 seconds (0.1#10.140)