Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Gairahkan Wisata

Selasa, 02 Oktober 2018 - 19:09 WIB
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Gairahkan Wisata
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Gairahkan Wisata
A A A
BALI - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) membuka ajang Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2018 di Beachwalk Shopping Center Bali, Kamis (27/9/2018).

Ajang yang diikuti oleh pusat belanja di seluruh Indonesia ini digelar selama satu bulan penuh, sejak 27 September 2018 hingga 27 Oktober. Pada kesempatan tersebut masyarakat dapat menikmati aneka ragam kuliner khas daerah sekaligus berbelanja barang keperluan gaya hidup dengan berbagai tawaran diskon spektakuler.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, mengatakan, pemerintah menyambut antusias WICSF 2018 karena ajang ini mampu menggairahkan sektor pariwisata yang terus tumbuh.

“WICSF yang sudah masuk kalender even Kemenpar ini merupakan sebuah ajang menarik dan strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, dan yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat. Banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang menyusun agenda perjalanan yang fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja; oleh karena itu kehadiran acara WICSF sangat tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut. Ke depannya khusus belanja perlu dimasukkan program sinergi online dan offline sehingga dapat meningkatkan nilai transaksi secara signifikan,“ kata Menteri Arief saat membuka acara tersebut.

Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI, mengatakan bahwa kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja adalah melalui festival yang di dalamnya terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia yang terkurasi.

“WISCF bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan juga mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal dengan demikian dampaknya akan mendorong para pelaku UMKM untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk produk berkualitas; mulai dari kain atau pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan seperti fashion Indonesia. Festival ini akan memberikan pengalaman berwisata terutama bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara,” kata Vita.

WICSF merupakan bentuk nyata sinergi para pemangku kepentingan industri kuliner dan belanja yang tergabung dalam pentahelix ABCGM (Asosiasi, Bisnis, Community, Government, dan Media) dalam mendorong promosi kekayaan budaya Indonesia.

WICSF digelar secara serentak di 12 provinsi di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4403 seconds (0.1#10.140)