Modal 500 Juta Buat Buka Kedai Kopi

Minggu, 21 Oktober 2018 - 06:12 WIB
Modal 500 Juta Buat Buka Kedai Kopi
Modal 500 Juta Buat Buka Kedai Kopi
A A A
BOGOR - Tren membuka bisnis kedai kopi sedang digandrungi bagi para pengusaha muda. Pasalnya gaya hidup generasi milenial di Indonesia suka kongkow di kedai sembari menikmati kopi.

Store Manager 278 Coffe And Roastery Eky Wirawan menceritakan, gaya hidup generasi milenial yang suka ngopi membuat bisnis ini sangat menjanjikan. Meski demikian, modal untuk membuat kedai kopi tidaklah murah.

Eky menceritakan modal yang harus ia keluarkan bisa mencapai Rp500 juta. Hal tersebut mencakup beberapa funiture, alat mesin kopi, serta tempat yang strategis.

"Modal ya variabel biayanya tapi untuk keseluruhan, seperti perangkat, alat dan tempay itu antara Rp200 juta hingga Rp500 juta. Paling mahal tempat sih setelah itu investasi di furniture juga," beber Eky Wirawan di Bogor, Sabtu (20/10/2018).

Lanjutnya, jika ingin memangkas modal dalam mendirikan kedai kopi bisa memilih alat kopi yang tidak terlalu mahal. Sehingga bisa memangkas modal yang bisa mencapai Rp500 juta tersebut.

"Kalau mau dipangkas modal ya bisa juga Rp10 juta, itu sudah cukup karena harga Rp10 juta ada yang mesinnya sudah bagus," jelasnya.

Tidak hanya itu, belajar mengenal kopi juga perlu dilakukan agar sukses dalam mendirikan bisnis. Sebab membuka kedai kopi harus menghayati dan mendalami seluk beluk kopi dan pemasarannya agar sukses.

"Dan kalau mau buka kedai kopi harus belajar dulu. Biar bisa tahu seluk beluk kopi agar bisa menghadapi persaingan di bisnis ini," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3221 seconds (0.1#10.140)