Pelemahan USD Bisa Dimanfaatkan Rupiah untuk Menguat

Kamis, 20 Desember 2018 - 09:06 WIB
Pelemahan USD Bisa Dimanfaatkan Rupiah untuk Menguat
Pelemahan USD Bisa Dimanfaatkan Rupiah untuk Menguat
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah yang berhasil menembus batas area middle bollinger band membuka peluang penguatan kembali secara tren. Tentunya kondisi ini diharapkan dapat didukung oleh sentimen yang ada.

Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada, mengatakan meski hingga penutupan pasar valas Asia, hasil pertemuan FOMC belum dirilis, namun maraknya penilaian dan perkiraan nantinya The Fed tidak akan kembali mengetatkan kebijakan moneternya.

Hal ini seiring dengan potensi perlambatan ekonomi AS dan masih adanya potensi perang dagang dengan China dharapkan dapat membuat laju USD berada di level rendahnya sehingga dapat dimanfaatkan rupiah untuk kembali menguat.

"Namun demikian, tetap waspadai berbagai macam sentimen dan waspadai adanya sentimen yang dapat membuat laju rupiah kembali melemah," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.442-Rp14.429/USD. Sementara, laju rupiah kembali mampu melanjutkan kenaikan sesuai harapan sebelumnya.

"Pelaku pasar memanfaatkan pelemahan USD seiring dengan tidak terlalu negatifnya kondisi pasar jelang pertemuan FOMC. Kondisi ini tidak seperti biasanya dimana umumnya laju USD cenderung meningkat jelang pertemuan FOMC untuk antisipasi adanya kenaikan suku bunga The Fed," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5232 seconds (0.1#10.140)