Astra International Dukung Ekspedisi Tol Trans Jawa

Sabtu, 22 Desember 2018 - 10:34 WIB
Astra International Dukung Ekspedisi Tol Trans Jawa
Astra International Dukung Ekspedisi Tol Trans Jawa
A A A
JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) mendukung ekpedisi Tol Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International, Pongki Pamungkas, mengatakan Presiden Jokowi telah meresmikan Jalan Tol Trans Jawa dari ruas Tol Ngawi-Kertosono. Dalam kesempatan ini juga digelar ekspedisi Tol Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang.

"Partisipasi Astra dalam tol Trans Jawa ini sejalan dengan cita-cita Astra sejahtera bersama bangsa," kata Pongki dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden Direktur Astra Infra, Djap Tet Fa; Direktur Astra Infra, Wiwiek D. Santoso dan Thomas Tan di ruas Tol Semarang.

Menurutnya, dengan terhubungnya Pulau Jawa dari barat hingga timur melalui jalan tol diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Biaya logistik dapat menjadi lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien. Kemudian diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakkan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas Tol Trans Jawa.

"Astra International mendukung ekspedisi ini dengan menyediakan 20 unit kendaraan yaitu 10 unit Fortuner dan 10 unit Innova," ujarnya.

Dia menjelaskan, kontribusi Astra pada Tol Trans Jawa melalui portofolio jalan tol sepanjang 302,3 kilometer (km) atau 25% dari Tol Trans Jawa, sedangkan total panjang jalan tol Astra mencapai 353,3 km.

Keenam ruas jalan tol yang dioperasikan oleh perseroan diantaranya, Tol Tangerang-Merak sepanjang 72,5 km dengan kepemilikan 79,3% saham, Tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 km, yang sepenuhnya dimiliki Astra, dan telah beroperasi sepanjang 39,6 km, Tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116,8 km dengan kepemilikan 45% saham.

Selain itu, Tol Semarang-Solo sepanjang 72,6 km dengan kepemilikan 40% saham dan telah beroperasi sepanjang 40,1 km. Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km dengan kepemilikan 40% saham yang masih dalam pengembangan. Tol Serpong-Balaraja sepanjang 39,8 km dengan kepemilikan 25% saham yang juga masih dalam pengembangan.

Sebelumnya, Astra turut mendukung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaksanakan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa yang dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno pada awal November lalu dengan menyediakan beberapa unit mobil yaitu satu Lexus, empat Landcruiser dan 10 Fortuner.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3373 seconds (0.1#10.140)