Rupiah Berpeluang Terangkat Optimistis Negosiasi Dagang AS-China

Senin, 04 Maret 2019 - 09:36 WIB
Rupiah Berpeluang Terangkat...
Rupiah Berpeluang Terangkat Optimistis Negosiasi Dagang AS-China
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan awal pekan hari ini diperkirakan berpotensi menguat seiring adanya optimisme pada sektor perdagangan. Mata uang Indonesia diperkirakan bakal bergerak dalam kisaran level Rp14.080 hingga Rp14.160 per USD.

"Pekan ini optimisme negosiasi dagang AS dan Tiongkok akan menemukan hasil yang memuaskan, untuk bisa membantu menahan pelemahan rupiah yang saat ini turun," ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Lebih lanjut, faktor konflik geopolitik juga masih membayangi di antaranya pekan lalu India dan Pakistan. Meski begitu mata uang Garuda bergerak cenderung sedikit lebih baik pada akhir pekan kemarin terdorong hasil positif data ekonomi AS.

"Karena perilisan data pertumbuhan GDP Q4 AS yang di atas ekspektasi. Jadi rupiah menguat di kisaran posisi 14080-14160," paparnya.

Sebelumnya sentimen positif datang dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengumumkan menunda terapkan tarif baru terhadap produk-produk asal China. Sebelumnya Negeri Paman Sam -julukan AS- berencana bakal menerapkan bea masuk atas produk China dari 10% menjadi 25% yang akan mulai berlaku pada 1 Maret 2019.

Trump mengatakan keputusan tersebut diambil, lantaran kedua negara telah membuat “kemajuan substansial” dalam perundingan perdagangan yang terimbas kepada bursa China dengan peningkatan hampir 5%. Ia menambahkan, berencana membuat pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping di Florida.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)