Iriana Jokowi Lakukan Penanam Mangrove Bersama Indonesia Power

Senin, 11 Maret 2019 - 15:40 WIB
Iriana Jokowi Lakukan Penanam Mangrove Bersama Indonesia Power
Iriana Jokowi Lakukan Penanam Mangrove Bersama Indonesia Power
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) melalui anak usahannya, PT Indonesia Power, berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove sejumlah 5.000 batang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan masyarakat sekitar di kawasan pantai PLTU Banten 2 Labuan.
Kegiatan ini dilakukan pada Senin (11/3/2019) ini dilakukan secara serentak di sembilan provinsi lain di Indonesia. Dengan demikian, secara total penanaman mangrove yang dilakukan berjumlah 1 juta batang .

Sebelumnya PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan telah rutin melakukan kegiatan serupa yaitu aksi tanam mangrove di sekitar outfall unit pembangkitnya. Ini dilakukan dalam rangka menangkal abrasi dan memeliharan ekosistem hutan bakau di sekitar lokasi unitnya beroperasi.

Dalam kesempatan ini Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani mengapresiasi dukungan dari Ibu Negara Iriana Jokowi untuk kegiatan ini. "Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Ibu Negara pada kegiatan kali ini, dan kami sampaikan pula bahwa Indonesia Power sesuai misinya yaitu menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dan jasa terkait yang bersahabat dengan lingkungan, sangatlah peduli terhadap kondisi lingkungan dan ekosistem sekitarnya," ungkap Inten dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (11/3/2019).

Dia menjelaskan, sebagian besar unit pembangkit Indonesia Power berlokasi di wilayah pesisir yang rentan abrasi atau tsunami. Untuk itu tentu saja Indonesia Power sangat peduli terhadap keberadaan hutan mangrove yang bisa meminimalisir abrasi dan menahan hantaman ombak laut ini.

Di beberapa lokasi, Indonesia Power melalui program CSR-nya menginisiasi untuk mengembangkan produk olahan dari tanaman mangrove. Dari mulai olahan makanan sampai dengan memanfaatkan tanaman mangrove untuk menjadi pewarna alami batik. Saat ini di sekitar wilayah operasi unit pembangkitnya, Indonesia Power memberdayakan kelompok-kelompok Perempuan untuk menjadi perajin batik mangrove.

Lebih lanjut, program CSR pemberdayaan kelompok perempuan perajin batik mangrove ini dapat dikelompokkan sebagai Program Inspirasi Perempuan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap kemandirian wanita di Indonesia. Diharapkan program pemberdayaan perempuan ini akan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan yang paling penting adalah memberi manfaat bagi lingkungan hidup.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4284 seconds (0.1#10.140)