Garuda Dukung Bandara Kualanamu Sebagai Hub Penerbangan Domestik

Jum'at, 22 Maret 2019 - 20:31 WIB
Garuda Dukung Bandara...
Garuda Dukung Bandara Kualanamu Sebagai Hub Penerbangan Domestik
A A A
JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia berkomitmen memperkuat pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah barat dan wilayah Asia Tenggara.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara, mengatakan Bandara Internasional Kualanamu sebagai bandara komersial terbesar keempat di Indonesia dengan potensi ekonomi serta posisi geografis yang strategis.

"Kualanamu memiliki modal utama sebagai hub internasional dan domestik kedua di Indonesia selain Bandara Internasional Soekarno Hatta. Karena itu, kami akan terus mengembangkan Kualanamu sebagai hub penerbangan untuk pariwisata yang terhubung dengan kota-kota internasional di kawasan," terang Ari di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, Medan memiliki wilayah strategis untuk menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat, menjadikan potensi Medan sebagai basis hub penerbangan internasional kian menjanjikan.

"Dengan posisi geografis yang berdekatan dengan Singapura dan Kuala Lumpur, pusat perekonomian di Asia Tenggara, maka pertumbuhan penumpang internasional diprediksi meningkat," jelasnya.

Untuk itu, kata Ari, perlu dukungan semua pihak agar Bandara Kualanamu menjadi pintu masuk wisatawan asing ke Indonesia barat atau wilayah Indonesia lainnya.

"Bandara Kualanamu harus menjadi hub yang penting untuk mengimbangi bandara Singapura dan Kuala Lumpur," tandas Ari.

Sebagai informasi, catatan trafik pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu mencapai 10 juta penumpang di 2018 lalu, dimana 10% merupakan penumpang internasional. Sehingga potensi pasar angkutan penumpang di Bandara Kualanamu masih terbuka luas.

Potensi pasar yang terbuka luas tersebut, turut didukung dengan rencana pengembangan infrastruktur dan peningkatan kapasitas bandaraoleh AP II, dimana tahun 2027 mendatang, Bandara Internasional Kualanamu diproyeksikan menampung lebih dari 47 juta penumpang.

Lebih lanjut, Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengungkapkan pihaknya menyambut baik komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam memperkuat Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan penunjang Garuda Indonesia di wilayah Indonesia barat.

"Komitmen memperkuat jaringan penerbangan Bandara Internasional Kualanamu tersebut juga terus kami optimalkan melalui penjajakan sinergi komersial bersama sejumlah mitra strategis internasional. Sehingga nantinya Bandara Kualanamu dapat memiliki daya saing internasional melalui berbagai keunggulan infrastruktur dan kapasitas penerbangannya," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8308 seconds (0.1#10.140)