Jalur Dwiganda Jatinegara-Cakung Dibangun, 2 Perlintasan Sebidang Ditutup

Senin, 08 April 2019 - 19:01 WIB
Jalur Dwiganda Jatinegara-Cakung Dibangun, 2 Perlintasan Sebidang Ditutup
Jalur Dwiganda Jatinegara-Cakung Dibangun, 2 Perlintasan Sebidang Ditutup
A A A
JAKARTA - Pembangunan jalur dwiganda (Double-Double Track/DDT) lintas Manggarai-Cikarang sepanjang 35 km memasuki tahapan baru. Tepat pukul 00.30 WIB tanggal 12 April 2019, pada titik km 12 dan km 21 antara Jatinegara dan Cakung akan dilaksanakan kegiatan pemindahan jalur (switchover) pada jalur dwiganda (DDT) segmen Jatinegara-Cakung lintas Manggarai-Cikarang.

Setelah pelaksanaan switchover ini, DDT segmen Jatinegara-Cakung sepanjang 9,5 km sudah dapat dioperasikan. Kepala Balai Teknik Jakarta-Banten Jumardi mengatakan, dengan beroperasinya DDT segmen Jatinegara-Cakung, nantinya jalur ganda yang telah ada akan dioperasikan untuk melayani operasional KRL Commuterline Jabodetabek.

"Sedangkan jalur ganda yang baru akan difungsikan untuk melayani pengoperasian KA Jarak Jauh dan KA Lokal," ujar Jumadi di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Dia mengatakan, rencana switchover DDT segmen Jatinegara-Cakung ini akan membawa dampak bertambahnya waktu perjalanan kereta api. "Untuk itu, Kementerian Perhubungan bersama operator yaitu PT KAI dan PT KCI mengimbau masyarakat pengguna jasa untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanan bagi yang akan menggunakan kereta api. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan sebagai dampak pelaksanaan switchover ini," katanya.

Selain itu, dalam rangka mendukung keselamatan perjalanan operasional kereta api, ketika jalur dwiganda dioperasikan, Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Kota Jakarta Timur, Pemerintah Kota Bekasi, Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta, Kepolisian Metro Kota Jakarta Timur, Kepolisian Metro Kota Bekasi, DAOP I PT KAI beserta intansi terkait lainnya akan menutup dua pintu perlintasan sebidang. Perlintasan tersebut adalah JPL 52 di Pisangan Lama (Pasar Enjo) dan JPL 66 di Jl. Stasiun Cakung, Jakarta Timur.

"Untuk itu dimohon kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan berbasis jalan raya agar dapat menggunakan beberapa jalan alternatif, seperti flyover Cipinang yang telah dibangun pemerintah," tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung operasional jalur dwiganda ini juga telah menyelesaikan modernisasi lima stasiun yaitu Stasiun Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung dan Kranji.

Beroperasinya DDT segmen Jatinegara-Cakung dan lima stasiun modernisasi ini diharapkan mendukung terwujudnya target penumpang kereta api perkotaan di wilayah Jabodetabek atau pengguna jasa KRL Commuterline menjadi 1,2 juta orang per hari pada tahun 2019.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6248 seconds (0.1#10.140)