BPR Dituntut Siap Bersaing dengan Fintech

Jum'at, 03 Mei 2019 - 16:01 WIB
BPR Dituntut Siap Bersaing dengan Fintech
BPR Dituntut Siap Bersaing dengan Fintech
A A A
BANDUNG - Perkembangan era digital digital yang telah menyentuh seluruk aspek hingga sektor keuangan menuntut Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk siap bersaing dengan layanan teknologi finansial (fintech). OJK mengingatkan perubahan industri akan berdampak pada perilaku masyarakat terhadap layanan perbankan.

"Keberadaan fintech dan perkembangan IT serta internet, membuat tuntutan masyarakat akan layanan kredit cepat dan akses mudah akan meningkat. Saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan e-commerce, sehingga BPR menghadapi tantangan yang luar biasa dengan teknologi ini," ujar Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR Ayahandayani di Bandung, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya, dulu BPR mempunyai keunggulan yakni pendekatan personal dengan nasabah, namun tidak lagi seiring masifnya perkembangan era digital seperti sekarang ini. Kondisi ini terang dia menuntur BPR untuk beradaptasi sehingga bisa bersaing dengan kehadiran fintech yang terus menjamur.

"Dulu BPR unggul dalam pendekatan personal dengan nasabah, namun saat ini BPR perlu beradaptasi dan berinovasi dengan perkembangan IT. Dengan adanya pola perubahan perilaku masyarakat, BPR harus mengantisipasi kebutuhan mereka, terlebih lagi modal yang dimiliki kebanyakan BPR masih berada di bawah Rp15 miliar," paparnya.

Tantangan BPR ujar Ayahandayani tidak hanya dari segi IT saja karena dari segi persaingan, saat ini bank umum wajib menyalurkan kredit ke UMKM sebanyak 20%. Ada program KUR pemerintah dengan suku bunga rendah dari 7-9%, ditambah dengan CSR dari lembaga pemerintah atau BUMN dengan memberikan kredit pada usaha mikro.

"Menghadapi masalah tersebut, tahun 2019 semua BPR dituntut untuk bisa mencapai ketentuan angka modal inti sebanyak Rp6 miliar, baik dengan mencari investor baru, atau melebur dengan BPR lainnya untuk meningkatkan modal dan efisiensi kerja demi hadapi persaingan yang semakin ketat," imbuhnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)