PTPN X Tanam Tembakau Seluas 510 Hektar

Senin, 13 Mei 2019 - 17:52 WIB
PTPN X Tanam Tembakau Seluas 510 Hektar
PTPN X Tanam Tembakau Seluas 510 Hektar
A A A
JEMBER - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan Tanam Perdana Tembakau miliknya di Kebun Ajong Gayasan. Pada tahun 2019 ini, PTPN X menargetkan luas areal sebesar 510 Ha, dengan produksi daun hijau sebesar 9.460 Ton. Sedangkan untuk produktivitas ditargetkan mencapai 18,55 Ton/Ha. Acara tanam perdana ini sebelumnya didahului dengan sebar pillen yang telah dilakukan pada tanggal 4 April yang lalu.

Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman mengungkapkan, bahwa tahun ini perbaikan akan terus ditingkatkan, ditunjang dengan inovasi-inovasi di sisi pemasaran. Keseluruhan perbaikan tentunya mengacu pada evaluasi kinerja tahun 2018 yang lalu. “Perbaikan dan inovasi akan diterapkan di segala hal, baik di sisi on farm, pengolahan, manajemen, hingga pemasaran,” terang Aris.

Hingga Triwulan Pertama 2019, PTPN X berhasil menjual tembakau sebesar 742 Ton dengan nilai penjualan Rp109 Milliar. Penjualan tersebut dikirim ke negara-negara di Eropa dan Amerika. Di tahun ini juga, akan ada beberapa pasar-pasar baru untuk tembakau PTPN X, yaitu Hungaria, Jerman dan Turki.

Aris Toharisman optimis bahwa target-target tersebut akan tercapai. Ditunjang dengan kualitas tembakau PTPN X yang selalu terjaga dan sesuai dengan permintaan pasar.

“PTPN X selalu berupaya menjaga kualitas dari produk tembakaunya. Sehingga tembakau PTPN X selalu sesuai dengan permintaan pasar. Saya optimis target-target tahun 2019 ini mampu tercapai bahkan terlampaui,” ujar Aris lebih lanjut.

Rencananya tembakau akan ditanam di Kebun Ajong Gayasan dan Kertosari, Jember seluas 500 Ha dan di Kebun Klaten seluas 10 Ha. Tembakau yang ditanam adalah jenis Tembakau Bawah Naungan (TBN). Sedangkan untuk target kualitas NW masing-masing Kebun Ajong Gayasan dan Kertosari adalah sebesar 35%.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3573 seconds (0.1#10.140)