Menteri PUPR Akui Japek Elevated Bikin Tol Jakarta-Cikampek Macet

Sabtu, 08 Juni 2019 - 14:15 WIB
Menteri PUPR Akui Japek Elevated Bikin Tol Jakarta-Cikampek Macet
Menteri PUPR Akui Japek Elevated Bikin Tol Jakarta-Cikampek Macet
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono membeberkan penyebab utama jalan tol Jakarta dan Cikampek bakal selalu macet dalam beberapa bulan ke depan. Diterangkan olehnya karena adanya pembangunan yakni Tol Jakarta-Cikampek II (Japek Elevated) selain itu ada juga proyek LRT.

"Benar karena kita terlambat bangunnya, ini kenapa macet seperti Jakarta-Cikampek. Karena saya sudah membangun, saya pertanggung jawabkan tetapi kalau macet saya diam saja dosa," ujar Menteri PUPR Basoeki di Jakarta.

Menurutnya Indonesia memang terlambat melakukan pembangunan infrastruktur, akan tetapi menurutnya jika terus-menerus dibiarkan akan menyebabkan kemacetan yang tak bisa dihindari. Untuk itu, dilakukan pembangunan tol Japek Elevated di atas tol eksisting walaupun imbasnya menyebabkan kemacetan. Namun saat tol tersebut beroperasi, kemacetan diyakini olehnya akan jauh berkurang.

Dia juga mencontohkan kemacetan di Tol Cipali. Menurutnya pembangunan jalan di wilayah utara Pulau Jawa itu juga harus segera dilakukan lebih lanjut untuk mengurai kemacetan. Selain itu, Dia pun juga akan membangun beberapa bendungan agar tidak menyebabkan banjir seperti yang ditargetkan tahun ini yakni 29 bendungan.

"49 bendungan yang kita bangun di 2019 akan selesai 29. Kita akan lanjutkan dengan jaringan irigasimya air bersihnya atau pengendalian banjirnya. Sama saja jalan tol kalau sudah jadi diteruskan," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6353 seconds (0.1#10.140)