Harga Minyak Mundur Karena Tanda-tanda Perlambatan Ekonomi Global

Selasa, 09 Juli 2019 - 11:16 WIB
Harga Minyak Mundur...
Harga Minyak Mundur Karena Tanda-tanda Perlambatan Ekonomi Global
A A A
TOKYO - Harga minyak mentah melemah pada perdagangan Selasa (9/7/2019), disebabkan kekhawatiran perlambatan ekonomi global. Perselisihan dagang AS dan China, sengkarut Brexit, dan ketidakpastian global lainnya membuat prospek permintaan minyak bisa melemah.

Mengutip dari Reuters, harga minyak mentah Brent International turun 21 sen atau 0,3% ke level USD63,90 per barel pada pukul 03:43 GMT. Harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate mundur 25 sen alias 0,4% menjadi USD57,41 per barel.

Harga si emas hitam kembali tertekan oleh kekhawatiran masih berlangsungnya perang dagang AS-China, yang kini memasuki tahun kedua. Sehingga berpotensi mengurangi pertumbuhan ekonomi global, yang ujung-ujungnya bisa berdampak pada penurunan permintaan minyak. Pasalnya, kedua negara ekonomi terbesar tersebut adalah dua konsumen minyak terbesar di dunia.

"Proyeksi akan pelemahan ekonomi global telah membuat harga minyak kembali tertekan. Meski demikian, tetap waspadai ketegangan di Timur Tengah yang bisa melambungkan kembali harga minyak dalam jangka menengah," tulis Stephen Innes, managing partner di Vanguard Markets.

Iran pada Senin kemarin, kembali mengancam akan memulai kembali proyek pengayaan uranium menjadi 20% dalam program nuklirnya. Hal ini sebagai balasan atas sanksi ekonomi yang dilakukan Washington pada tahun lalu.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8482 seconds (0.1#10.140)