Jepang-Korsel Perang Dagang, China Ingin Ambil Untung

loading...
Jepang-Korsel Perang Dagang, China Ingin Ambil Untung
Jepang-Korsel Perang Dagang, China Ingin Ambil Untung
SEOUL - Perang dagang telah meluas, tidak lagi hanya Amerika Serikat dengan China, juga dua negara ekonomi besar Asia lainnya. Kepentingan nasional di bidang teknologi, membuat Jepang memberlakukan pembatasan ekspor terhadap industri teknologi Korea Selatan.

Menteri Perdagangan Jepang, Hiroshige Seko pada Selasa (9/7) menyatakan negaranya harus membatasi ekspor untuk industri teknologi Korea Selatan, demi kepentingan nasional. Meski masih terbuka "pembicaraan damai", namun Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengancam bakal melakukan langkah "balasan" yang diperlukan.

Japan News Network mengatakan dalam sebuah survei yang baru-baru ini dilakukan, 58% responden warga Jepang menyetujui kebijakan Tokyo, dibandingkan dengan 24% yang menolak.

Meningkatnya eskalasi "perang dagang" Jepang dengan Korea Selatan, bisa menjadi kabar baik bagi tetangga besarnya: Republik Rakyat China. Bisa menjadi keuntungan dari sisi ekonomi maupun diplomatic.



Melansir dari South China Morning Post, Jumat (12/7/2019), dengan pembatasan ekspor dari Tokyo terhadap perusahaan-perusahaan Korea Selatan, bisa menjadi peluang bagi pabrikan China untuk masuk.

Pembatasan ekspor teknologi dari Jepang terhadap Korea Selatan telah membuat pening perusahaan teknologi besar Negeri Ginseng, seperti Samsung dan LG. Karena keduanya sangat bergantung pada pasokan komponen elektronik dan semikonduktor dari Jepang.

Nah, kekosongan yang ditinggalkan Jepang, bisa menjadi peluang bagi produsen dan industri semikonduktor China untuk mengisi pasar Korea Selatan.



Benih-benih perselisihan dagang Seoul dan Tokyo tidak lepas dari luka invasi Jepang ke Semenanjung Korea pada Perang Dunia II. Usai perang berakhir, dalam perjanjian yang diteken tahun 1965, Korea Selatan meminta kompensasi kepada Jepang. Dan yang terbaru, Pengadilan Korea Selatan menuntut perusahaan-perusahaan Jepang memberi kompensasi kepada korban kerja paksa masa perang.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top