Inovatif dalam Menerapkan Lean Construction, PT Hutama Karya Infrastruktur Diganjar Penghargaan Apresiasi Inovasi

Kamis, 01 Agustus 2019 - 21:21 WIB
Inovatif dalam Menerapkan Lean Construction, PT Hutama Karya Infrastruktur “Diganjar” Penghargaan Apresiasi Inovasi
Inovatif dalam Menerapkan Lean Construction, PT Hutama Karya Infrastruktur Diganjar Penghargaan Apresiasi Inovasi
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Rabu 31 Juli 2019 berhasil meraih penghargaan dalam gelaran Apresiasi Inovasi yang diselenggarakan oleh Koran Sindo dan Sindonews.com dengan kategori Best Product. Penghargaan ini diperoleh HKI berkat kesuksesannya dalam menerapkan metode Lean Construction pada salah satu proyek yang dikerjakannya.

Metode kerja inovatif tersebut diterapkan HKI pada proyek Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, tepatnya di ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 2A.

Lean Construction yang diterapkan oleh HK Infrastruktur pada salah satu bagian proyek tersebut terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, baik dalam waktu ataupun biaya. Sebelum Lean Construction diterapkan, kondisi pekerjaan struktur tunnel pada proyek Pekanbaru-Dumai Seksi 2A mengalami keterlambatan dari master schedule yang dibarengi dengan berbagai inefisiensi.

“HKI secara nyata sudah menerapkan Lean Construction dalam beberapa langkah, antara lain identifikasi keterlambatan dan identifikasi work breakdown structure (WBS) pada proses kerja awal (current state map) untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan keterlambatan atau menimbulkan ketidakefisienan dari sisa proses kerja yang belum dikerjakan. Selain itu perlu juga kita identifikasi dan eliminasi pemborosan, dilanjutkan dengan penerapan lean tools dan penerapan cash program terhadap waktu dan biaya sehingga menjadi proses kerja baru (future state map),” tutur Mardiansyah, Kepala Departemen Pengendalian HKI.

Di temui terpisah, Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti menyampaikan apresiasi atas diraihnya penghargaan ini. “Melihat target yang diamanatkan kepada HKI sedemikian hebat dan ambisius, kita tidak bisa lagi mencapainya dengan cara yang lama. Penerapan Lean Construction di salah satu bagian di Pekanbaru-Dumai 2A menjadi suatu inovasi yang harus dieskalasi ke semua proyek HKI,” kata Aji.

Target yang ambisius ini, lanjut Aji merupakan bentuk kepercayaan dari Pemegang Saham atas kinerja HKI terus bertumbuh secara positif dan cenderung eksponensial. “Di tahun ini, kami diberikan target pendapatan sebesar Rp13 triliun, dan laba bersih sebesar Rp1,17 triliun. InSyaAllah dengan kekompakkan tim dan inovasi di berbagai lini seperti Lean Construction, kita optimis bisa mencapainya,” tutup Aji mantap
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6249 seconds (0.1#10.140)