Petani Padi Serasi Siap Diikutkan Asuransi Usaha Tani Padi

Selasa, 20 Agustus 2019 - 18:45 WIB
Petani Padi Serasi Siap Diikutkan Asuransi Usaha Tani Padi
Petani Padi Serasi Siap Diikutkan Asuransi Usaha Tani Padi
A A A
JAKARTA - Para petani "Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani" (Serasi) diikutkan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan mereka menyatakan kesiapannya.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan dari target pengembangan program Serasi 200 ribu hektar di Sumatra Selatan, diupayakan petaninya mengikuti AUTP.

"Kita upayakan semua petani, kelompok tani yang ikut program Serasi, kita imbau untuk ikut asuransi program pemerintah," tambahnya pada Apresiasi Pemberdayaan Permodalan dan Asuransi Pertanian di Palembang, Sumetra Selatan.

Sarwo Edhy menjelaskan, program asuransi pertanian yang dilaksanakan Kementerian Pertanian saat ini adalah menjalankan amanat UU No 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

"Dalam Pasal 37, diamanatkan kepada pemerintah dan pemerintah daerah untuk melindungi usaha petani dalam bentuk asuransi pertanian," tambahnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dalam AUTP, petani padi hanya dengan membayar premi Rp36 ribu, dengan subsidi pemerintah Rp144 ribu per hektar per musim, mereka kalau ada musibah baik itu banjir di musim hujan atau kekeringan di musim kemarau, atau terkena hama penyakit itu bisa dapat penggantian Rp6 juta per hektar.

"Artinya ketika petani mengalami musibah, dia bisa bangkit kembali dengan uang Rp6 juta sebagai modal awal untuk budidaya padi kembali," tambah Sarwo Edhy.

"Siap ikut AUTP," tanya Dirjen PSP Sarwo Edhy kepada para peserta Apresiasi yang diikuti sekitar 135 perwakilan petani Serasi di Sumsel. Mereka menjawab serempak, siaaap.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel, Antoni Alam, mengatakan program AUTP di lahan Serasi sangat diperlukan petani. "Kalau di daerah Serasi, untuk asuransi ini saya pikir tepat untuk dijaminkan usaha mereka, karena disini, selain karena kelembagaannya lebih bagus dan kita sedang hangat-hangatnya kita bina. Mudah-mudahan dari petani petani peserta Serasi ini bisa meningkatkan target kepesertaan asuransi AUTP di Sumsel," tambahnya.

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan, Indah Megahwati, menambahkan upaya pemerintah dan pemerintah daerah mengikutkan petani program Serasi dalam program AUTP merupakan salah satu strategi mencapai target kepesertaan AUTP di Sumsel yang saat ini masih sekitar 29%.

"Kami inginkan pada akhir Agustus, dengan adanya kerja sama program Serasi di 3 provinsi yakni Kalimantan Selatan, Sumatra Selatan, dan Sulawesi Selatab, insya Allah akan dapatkan sekitar 60% yang ikut asuransi," tambah Indah Megahwati.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4085 seconds (0.1#10.140)