PT INKA Teken Kesepakatan Bersama Perusahaan AC Malaysia

Senin, 26 Agustus 2019 - 20:33 WIB
PT INKA Teken Kesepakatan Bersama Perusahaan AC Malaysia
PT INKA Teken Kesepakatan Bersama Perusahaan AC Malaysia
A A A
JAKARTA - PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) meneken perjanjian kerja sama dengan dengan perusahaan pembuat air conditioner (AC) asal Malaysia, Perencana Dingin Bhd. Perusahaan ini membeli lisensi unit AC dari PT INKA yang akan di produksi ulang di Malaysia dengan merek DINGIN-INKA AC. INKA diketahui selama ini memproduksi sendiri kebutuhan AC gerbong kereta apinya.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT INKA, Budi Noviantoro bersama Managing Director Perencana Dingin Bhd, Azlan Muhammad di Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Kami ingin masuk ke pasar ASEAN, ada tahapannya, kalau kami bikin (AC) di sini, pasti ada cost untuk kirim ke luar negeri," ujar Budi Noviantoro, Presiden Direktur PT INKA.

Menurut Budi, AC pendingin yang diproduksi di Malaysia dinilai mampu menghemat cost tersebut hingga 10%-15%. Sebagai informasi, pabrikan INKA selama ini memproduksi AC gerbong kereta api sesuai dengan output gerbong yang diproduksi pada tahun tersebut.

Sementara Managing Director Perencana Dingin Bhd, Adlan Mohammad mengatakan kesepakatan lisensi ini seperti ini adalah yang pertama kali bagi kedua negara ini. "Hal ini menunjukkan komitmen kami bersama PT INKA terhadap industri kereta api," ujarnya.

Indonesia dan Malaysia sedang gencar dalam membagun infrastruktur berbasis rel. Kedua negara juga telah lama mengoperasikan kereta api, baik di dalam kota dan antar propinsi. Bertukar informasi mengenai pengalaman membangun, mengoperasikan dan memelihara sistem perkeretaapian akan sangat bernilai bagi Indonesia kedua negara.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5880 seconds (0.1#10.140)