Sri Mulyani Waspadai Potensi Resesi Ekonomi Global

Senin, 09 September 2019 - 19:33 WIB
Sri Mulyani Waspadai Potensi Resesi Ekonomi Global
Sri Mulyani Waspadai Potensi Resesi Ekonomi Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai potensi terciptanya resesi ekonomi dunia, saat pertumbuhan dan perdagangan internasional menunjukkan perlambatan. Meski begitu, Ia optimistis peluang Indonesia untuk tumbuh positif hingga akhir tahun masih terbuka.

"Karena exposure di negara mana, resesi (ekonomi) bentuknya bagaimana. Apakah hanya dalam dua kuartal negatif, tapi kemudian positif lagi atau ini berkelanjutan, kita belum tahu?. Kita akan ikuti saja," ujar Menkeu Sri Mulyani di Kemenkeu, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Sambung dia menambahkan, pihaknya bakal tetap mengantisipasi potensi terjadinya resesi ekonomi global agar tidak menekan Indonesia. Salah satunya beberapa pembuat kebijakan telah memasukan kekhawatiran soal pelemahan ekonomi dan perdagangan global. Bahkan antisipasi kebijakan dilakukan dengan menjalankan kebijakan countercyclical.

"Ya kalau antisipasi kita lihat instrumennya dan kita lihat naturenya seperti apa pelemahan global ini berasal. Dalam jalur apa? apakah ini terkena sisi eksternal atau ekspor atau dia masuk ke yang lain," jelasnya.

Lebih lanjut Sri Mulyani mengaku tetap optimistis tetap ada peluang bagi Indonesia untuk tetap tumbuh positif. Pasalnya Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) diklaim sehat akan menjadi fundamental ekonomi yang kuat. "Kita comprehensif ini berarti APBN kita sehat untuk punya space melihatnya," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5022 seconds (0.1#10.140)