BI: Neraca Dagang Surplus Bukti Ketahanan Ekonomi Terjaga

Senin, 16 September 2019 - 21:37 WIB
BI: Neraca Dagang Surplus Bukti Ketahanan Ekonomi Terjaga
BI: Neraca Dagang Surplus Bukti Ketahanan Ekonomi Terjaga
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2019 mengalami surplus USD0,09 miliar, setelah bulan sebelumnya defisit USD0,06 miliar.

Surplus tersebut terutama dipengaruhi oleh kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas sejalan dengan penurunan impor nonmigas.

Sedangkan, defisit neraca perdagangan migas meningkat disebabkan oleh penurunan kinerja ekspor migas, meskipun kinerja impor migas juga menurun.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Onny Widjarnako, memandang surplus neraca perdagangan pada Agustus 2019 positif dalam memperkuat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia di tengah kondisi global yang kurang menguntungkan.

"Pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan harga komoditas yang terus menurun memberikan pengaruh pada kinerja neraca perdagangan Indonesia," ujar Onny di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait, untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5899 seconds (0.1#10.140)