Dorong Kualitas Ekspor, MUTU International Sediakan Sertifikasi Perusahaan

Rabu, 16 Oktober 2019 - 18:30 WIB
Dorong Kualitas Ekspor, MUTU International Sediakan Sertifikasi Perusahaan
Dorong Kualitas Ekspor, MUTU International Sediakan Sertifikasi Perusahaan
A A A
JAKARTA - PT Mutuagung Lestari (MUTU International) menyatakan sertifikasi sebagai jaminan kualitas sebuah produk barang atau jasa berperan penting dalam aktivitas ekspor yang mengandalkan komoditas unggulan Indonesia.

Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari Arifin Lambaga mengatakan, sertifikasi yang diberikan menjadi bukti dijalankannya suatu sistem, yang mendorong kepastian mutu, kepatuhan pelestarian lingkungan, kesinambungan SDA, hingga mencegah tindakan penyuapan, dari hulu hingga hilir proses produksi.

“Sertifikasi yang diberikan pada produk kehutanan misalnya, memastikan bahan baku sebuah produk berasal dari sumber yang legal, bermanfaat bagi masyarakat, serta memperhatikan kelestarian lingkungan. Selain itu, juga memastikan bahwa produk yang di ekspor memiliki standar yang dipersyaratkan oleh negara tujuan,” ujarnya dalam acara Media Gathering MUTU International di fx Sudirman, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya sertifikat dalam aktivitas ekspor. Proses sertifikasi dapat jadi fasilitas yang mewakili pengecekan, yang lazimnya dilakukan suatu negara dalam memastikan kualitas maupun syarat yang berlaku. “Sertifikasi jadi representasi jaminan kualitas, lantaran diberikan oleh lembaga yang terakreditasi untuk melakukan hal tersebut,” tuturnya.

Hal terebut, lanjut Arifin, diharapkan dapat jadi amunisi bagi produk Indonesia yang dieskpor ke negara lain. "Implikasi adanya jaminan ini, dapat menaikkan jumlah ekspor Indonesia secara keseluruhan," ucapnya.

Arifin menambahkan, MUTU International selama tiga dekade telah memasilitasi perusahaan di berbagai bidang untuk melakukan pengujian, inspeksi, hingga mendapatkan sertifikasi.

"Di industri kelapa sawit misalnya, hingga hari ini ada 95 perusahaan perkebunan kelapa sawit Indonesia dan Malaysia yang telah memperoleh Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) dari MUTU International. Perusahaan tersebut memproduksi 3,2 juta metrik ton atau 23,7% dari CSPO global," bebernya.

Sedangkan di bidang ekspor produksi kayu, pihaknya memfasilitasi sertifikat guna meningkatkan keunggulan ekspor produk berbasis kayu ke berbagai negara, diantaranya Jepang, Amerika, dan Eropa.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4226 seconds (0.1#10.140)