Berbenah Rumah saat Natal Tiba Hadirkan Nuansa yang Istimewa

Rabu, 18 Desember 2019 - 10:05 WIB
Berbenah Rumah saat Natal Tiba Hadirkan Nuansa yang Istimewa
Berbenah Rumah saat Natal Tiba Hadirkan Nuansa yang Istimewa
A A A
MENGHADIRKAN nuansa hunian yang berbeda dari biasanya adalah hal yang sering dilakukan menjelang Natal. Mulai dari bersih-bersih, merenovasi rumah, hingga mengganti furnitur lama dengan yang baru.

Apa yang biasanya Anda lakukan saat menyambut Natal? Selain sajian makanan istimewa saat tiba hari “H”, pasti dibutuhkan persiapan sebelumnya. Terutama untuk menyambut tamu dan kerabat yang berkunjung ke rumah.

Secara umum, bagian yang kerap menjadi perhatian adalah tampilan hunian. Mengubah dekorasi rumah diyakini akan menciptakan nuansa dan suasana baru. Mengganti furnitur yang sudah tak layak pakai, merenovasi bagian rumah yang sudah termakan usia, hingga mengecat bagian rumah agar tampil segar, adalah salah satunya. Mulai dari memperbaiki atap bocor atau mengganti kunci rusak.

“Membuat tampilan rumah menjadi indah tidak harus dengan mengganti seluruh furnitur atau aksesoris lama dengan yang baru. Ada cara sederhana yang praktis dan tidak memakan biaya, yaitu mengubah posisi barang. Misalkan lukisan yang biasa ditaruh di ruang tengah mungkin bisa dipajang di ruang tamu. Pencahayaan dari lampu Natal juga bisa memberikan suasana yang berbeda,” ujar arsitek Denny Setiawan.

Lantas apa saja dasar melakukan dekorasi pada ruang pilihan? Sebetulnya, dekorasi ruang makan dan ruang keluarga tidaklah jauh berbeda. Hanya, sebaiknya dekorasi pada ruang keluarga tidak terlalu penuh.

“Ruang makan dan ruang keluarga selalu menjadi pusat kegiatan pada saat Natal. Oleh karena itu, sebaiknya dekorasi yang ditaruh jangan terlalu banyak karena akan menghalangi dan menghambat kegiatan. Apalagi jika anggota keluarga berkumpul pada saat Natal,” tambah Denny.

Sementara di ruang tamu, Anda bisa mengeksplorasi semua imajinasi walau tetap jangan terkesan berlebihan. “Untuk ruang tamu bisa menghamparkan kain bercorak terang pada sofa yang digunakan hanya sebagai aksen. Hamparan kain akan memberikan warna berbeda pada ruangan,” sebut Denny.

Pita atau kain yang diikatkan ke bantal dekoratif dan lilitan kain berwarna kontras pada rel gorden atau motif lain yang kaya corak, dapat memberikan nuansa berbeda di ruang tamu Anda. Jangan lupa, tambahkan bunga segar di sudut ruangan.

Denny menambahkan, sejatinya hanya dengan sedikit kreatifitas dapat memberi sentuhan berbeda pada nuansa rumah. Artinya, pemilik rumah tidak harus membeli barang baru untuk dipajang dalam rumah.

Ruangan atau bagian yang kerap menjadi perhatian dan harus diubah tampilannya adalah ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, teras, pintu depan, serta dinding. Jadi, bila ingin penampilan berbeda, maka area ini bisa dipercantik. Misalnya dengan memasang pernak-pernik Natal seperti pohon cemara atau dekorasi boneka Santa pada pintu depan. Bahkan, bila ingin menambah nuansa Natal bisa juga dengan meletakkan beberapa lilin dekorasi pada sudut rumah.

Satu lagi tempat yang selalu menjadi bagian sentral kala Natal adalah meja makan. Karena, Natal tanpa jamuan makan bersama sangat tak lengkap rasanya. Toples-toples cantik atau pun wadah makanan bercorak dan unik dapat jadi pilihan guna mempercantik meja makan. Tatalah hidangan yang ada dengan sentuhan dekoratif menarik agar suasana terasa makin meriah.

Kegiatan merenovasi rumah mungkin adalah bagian kecil dari aktivitas menjelang Natal. Langkah ini dilakukan tak lain demi menghilangkan rasa was-was terhadap keamanan serta fasilitas dalam rumah, dan juga untuk memberi nuansa baru.

Menyambut hari besar, tak perlu penataan berlebihan. Cukup dengan sedikit sentuhan, sajian pangan yang ditata cantik, suasana ruangan akan terasa berbeda. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7214 seconds (0.1#10.140)