Erick Minta BRI dan Sarinah Bersinergi Perkuat UMKM

Jum'at, 20 Desember 2019 - 13:41 WIB
Erick Minta BRI dan Sarinah Bersinergi Perkuat UMKM
Erick Minta BRI dan Sarinah Bersinergi Perkuat UMKM
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung upaya penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui sinergi dengan BUMN. Salah satunya melalui sinergi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Sarinah (Persero).

"Nanti BRI dan Sarinah kita sinergikan, bukan membentuk anak usaha ya. Jadi, BRI dapat mendukung Sarinah terkait pembiayaan atau keahlian yang sudah dimiliki BRI," ujar Erick Thohir di sela acara UMKM Export BRIlianpreneur 2019, Jumat (20/12/2019).

Erick menekankan bahwa Sarinah akan menjadi pusat UMKM. Jika Sarinah sudah memperkuat bisnis dan jaringan UMKM-nya, maka Sarinah dapat membuka outlet di berbagai bandara yang menjadi tujuan wisata seperti Bali, Labuan Bajo dan sebagainya.

"Saya rasa hal ini bisa berjalan. Dan, insyaallah nanti pertengahan tahun depan kita akan luncurkan (sinergi BRI dan Sarinah) pas HUT Kemerdekaan RI. Ini akan menjadi simbolik bagi yang lain juga," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama BRI Sunarso menambahkan, BRI secara aktif melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM, rumah kreatif BUMN (RKB), pelatihan sekitar 356.000 peserta, inkubator agar UMKM bisa naik kelas, hingga kemintraan lingkungan.

"UMKM tidak hanya naik kelas, tetapi mampu bersaing di pasar global. Nah, ada 1,55 juta nasabah BRI yang ikut dalam kegiatan ini, seperti coaching clinic, branding, packaging. Tujuannya agar produk yang dihasilkannya berorientasi pada ekspor," jelasnya
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)