alexametrics

Sinar Mas Land Kembangkan Digitalisasi

loading...
A+ A-
JAKARTA - Keberadaan kota cerdas yang memanfaatkan teknologi digital (smart digital city) tampaknya tengah melanda Indonesia. Konsep ini merujuk pada kota-kota yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi magnet untuk modal serta tenaga kerja produktif.

Salah satu pengembang yanglama mengembangkan konsep digital dalam bidang properti adalah Sinar Mas Land, yang telah menjadikan BSD City sebagai kota pintar dengan pengembangan digitalisasinya yang luar biasa. Adanya trans formasi digital dalam aspek pengembangan dibidang properti dirasa penting untuk lebih memajukan pengembangan kota tersebut dan memberikan fasi litas nyaman untuk para penghuninya.

CEO Technology Business Sinar Mas Land, Irvan Yasni mengatakan, tren digitalisasi saat ini memang sedang marak di kalangan masyarakat urban, termasuk dalam memilih hunian. Tentu mereka lebih menginginkan hunian yang ter integrasi dengan jaringan mumpuni.



“Lewat inovasi yang berkualitas dan menawarkan banyak kemudahan bagi pelanggan, sistem perkotaan yang cerdas akan memberikan banyak manfaat besar pula untuk para pengembang,” tutur Irvan.

Dalam pengembangannya, Sinar Mas Land pun banyak menggunakan beberapa teknologi terbaik untuk mendukung fasilitas digitalisasi tersebut. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Microsoft sebagai aplikasinya. Diharapkan fasilitas digitalisasi ini akan mengurangi risiko kemacetan yang terjadi di BSD City.

“Saat ini fokus kami tengah memberikan pelayanan terbaik untuk para penghuni agar terbebas dari kemacetan. Salah satunya dengan memberikan informasi terkini atau mengatur pola lalu lintas lewat rekayasa lalu lintas,” katanya.

Untuk lebih memudahkan aktivitas para penghuninya, Irvan mengatakan, akan memanfaatkan teknologi, seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IOT), dan BigData. Irvan pun menam bah kan,tentu sistem digital ini bagai kanhal baru bagi para penghuni dan pengembang Sinar Mas Land yang terus memberikan inovasi untuk tren hunian modern. Seperti sistem keamanan yang canggih, sumber energi yang ramah lingkungan, akses internet dengan kecepatan hingga 1GB di area publik, maupun penggunaan CCTV pintar.

Meski menawarkan kemudahan lewat transformasi digital, Irvan mengaku tidak takut bila konsep Smart City dari Sinar Mas Land ini banyak ditiru para pengembang lain. “Tidak masalah jika banyak pengembang lain juga ingin membangun kota pintar. Mereka mau meniru konsep kita pun tidak masalah, kita punya ciri khas tersendiri,” katanya.

Irvan mengatakan, pihaknya memiliki skala proyek besardan strategi yang matang sehingga sulit disamakan dengan pengembang lain. Selain itu, Sinar Mas Land tengah mengembangkan smarthome (rumah pintar) dimana fitur yang ada dalam rumah ini mampu diakses dengan mudah hanya dengan ponsel.

“Saat ini kita tengah mengembangkan pula proyek digital hub, yaitu kawasan bisnis dan komersial yang dibangun di atas lahan seluas 26 hektare di BSD City,” tutur Irvan. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top