Harga Minyak Meningkat Merespon Daya Beli Masyarakat AS

Jum'at, 27 Desember 2019 - 11:35 WIB
Harga Minyak Meningkat Merespon Daya Beli Masyarakat AS
Harga Minyak Meningkat Merespon Daya Beli Masyarakat AS
A A A
TOKYO - Harga minyak mentah terus meningkat pada perdagangan Jumat (27/12/2019). Bahkan harga si emas hitam, saat ini telah mencapai level tertinggi tiga bulan merespon daya beli masyarakat Amerika Serikat yang menguat. Sehingga membangkikan kepercayaan diri pasar minyak. Hal ini ditambah dengan prospek kesepakatan dagang AS-China untuk meneken perjanjian perdagangan fase pertama.

Mengutip dari Reuters, harga minyak Brent International naik 13 sen atau 0,2% ke level USD68,05 per barel pada pukul 01:50 GMT. Pun demikian dengan harga minyak acuan AS, West Texas Intermediate yang naik 13 sen atau 0,2% ke posisi USD61,81 per barel.

Mastercard melaporkan bahwa daya beli masyarakat AS untuk sektor ritel naik 3,2%. Sementara konsumen online selama musim belanja liburan Desember ini, terus meningkat dengan penjualan e-commerce mencapai rekor tertinggi.

"Kuatnya daya beli konsumen AS merupakan hal positif untuk minyak," kata Stephen Innes, kepala strategi pasar Asia di AxiTrader Tokyo, Jepang,

Harga minyak terus mengucur tinggi didukung harapan kuat akan berakhirnya perang tarif AS dan China yang telah berlangsung lama. Selama 17 bulan, perang tarif telah memperlambat pertumbuhan ekonomi global yang berarti buruk bagi permintaan akan minyak mentah.

Ini ditambah dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia, Jepang, yang pertumbuhan industrinya melambat sejak November. Maka itu, kesepakatan dagang AS-China fase pertama bisa menjadi penopang kenaikan harga minyak di tahun depan.

Selain itu, harga minyak mendapat kontribusi dari kesepakatan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain, terutama Rusia, yang terus memperpanjang pemangkasan produkso. Hal ini membuat harga Brent telah melonjak lebih dari 25% sepanjang 2019, dan WTI melompat 35% sepanjang tahun ini.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7396 seconds (0.1#10.140)