alexametrics

Berlatar Belakang Santri, Zaini Bangun Kemandirian Pesantren Lewat Ipigrosir

loading...
Berlatar Belakang Santri, Zaini Bangun Kemandirian Pesantren Lewat Ipigrosir
Berlatar Belakang Santri, Zaini Bangun Kemandirian Pesantren Lewat Ipigrosir
A+ A-
JAKARTA - Lahir dan tumbuh besar tidak jauh dari lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri membuat pengusaha KH. Zaini Ahmad, S.RK selalu memperlihatkan kepeduliannya terhadap dunia pesantren. Salah satu hal yang paling digalakkannya adalah pemberdayaan ekonomi pesantren berbasis digital dan tradisional yakni ipigrosir.com yang merupakan buah karya BBM Group miliknya.

Memiliki latar belakang santri tentunya, Zaini Ahmad sangat gigih dan tak pernah lelah untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa berguna untuk agama dan bangsa. Seperti diungkapkan rekan Zaini Ahmad, DR (C). M. Hermansyah, ST, MT, yang merupakan rektor di salah satu Perguruan Tinggi di Pasuruan bahwa kepedulian dan komitmen Zaini Ahmad terhadap sesama tidak perlu diragukan lagi, keberpihakan pada ketidakmapanan yang terjadi di sekelilingnya, dengan gigih diperjuangkannya.

"Kini kita berjuang melalui organisasi pesantren, Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), beliau, salah seorang pendirinya, bercita-cita setiap pesantren berperan secara aktif dalam bidang ekonomi dengan fakta: 'di mana terdapat pesantren, di situ terbangun perekonomian' dari daerah hingga pusat dengan harapan mampu menjadikan pesantren mandiri secara ekonomi," papar Hermansyah, yang kenal dengan Zaini Ahmad sejak 2006.



Zaini Ahmad, yang tercatat sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) IPI dan CEO-Founder BBM Grup, pun dinilai sebagai santri yang sukses menjadi pengusaha dan juga sebagai seorang organisatoris di kalangan warga Jawa Timur. Hal itu dilewati melalui dengan jalan yang tidak mudah serta penuh pengorbanan.

"KH Zaini Ahmad, Ketua Umum Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) ini adalah sosok kiai yang peduli kewirausahaan agar berkembang pesat di pondok. Itu telah dibuktikannya melalui sinergitas di IPI untuk kebangkitan ekonomi umat di Indonesia dengan mendorong potensi yang ada di pesantren. Kita bangga mempunyai tokoh yang memiliki jiwa sepertu beliau yang peduli dan konsen terhadap pondok pesantren," ungkap Komisi Hukum MUI Pusat, Prof Dr Habib HM Baharun SH, MA.

Melalui tangan dingin Zaini Ahmad, IPI kini telah memiliki anggota sekitar 16.000 pondok pesantren se-Indonesia dan mempunyai wadah pemberdayaan ekonomi pesantren ipigrosir.com. Lewat kerja kerasnya pula IPI dapat berkolaborasi dengan sejumlah BUMN agar bisa bersinergi mendorong pertumbuhan ekonomi pesantren, sehingga dalam setiap kegiatan IPI kerap terjadi MoU antara BUMN dan IPI, baik dengan Bulog, PLN, BRI, Bank Mandiri dan lainnya.

"Zaini Ahmad merupakan seorang yang revolusioner sehingga dalam upaya memberikan kontribusi nyata ke IPI, telah banyak melakukan terobosan kerjasama dengan perusahaan swasta dan BUMN, bahkan dengan perusahaan dari luar negeri juga. Tentunya terobosan ini memudahkan kami pengurus di wilayah bergerak menindaklanjuti kerjasama yang telah dilakukan DPP IPI di bawah kepemimpinannya," komentar Pimpinan Ponpes Nurul Hijrah, Kalimantan Selatan, KH M Mukri Yunus.

Selain mengembangkan perekonomian di dunia pesantren, Ahmad Zaini juga sosok pengusaha yang sukses dalam sejumlah bidang, seperti kontraktor, ritel, perdagangan besar, dan kini usahanya juga merambah ke dunia digital yaitu Smarty start-up. Smarty diproyeksikan menjadi e-commerce yang unggul dan andal dengan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Direktur Niaga PT Garuda (Persero), H. Pikri mengungkapkan Zaini Ahmad sebagai kiai muda yang cerdas, ulet menangkap peluang bisnis melalui beberapa perusahaannya seperti PT Annur Nusantara Travel dan Wisata. "Dia sangat pantas kalau saya panggil kiai milenial yang sukses. Di samping itu, saya melihat beliau sosok yang multitalenta sebagai seorang kiai, pengusaha juga ketua umum sebuah organisasi pesantren yang peduli untuk memajukan dan memberdayakan santri agar menjadi preneur yang sukses untuk masa depannya," paparnya.

Zaini Ahmad, kiai yang akrab disapa Gus Zaini dikenal nyentrik dan luwes dalam bergaul, sehingga teman-temannya mulai dari rakyat kecil hingga pejabat mengenal kiprahnya yang gigih dan ulet. Menurut Manajer PLN UP3 Pasuruan, Agus Setiono, ST,. MT, Zaini Ahmad merupakan tokoh yang bersahaja dan fleksibel dengan siapa saja yang berjumpa.

"Kami mengenal beliau memang seorang pendiri IPI yang berjuang untuk kepentingan umat melalui bisnis-bisnis lokal, nasional bahkan internasional bersama dengan pesantren-pesantren yang tergabung dalam IPI. Beliau orang 'ndeso' namun punya pemikiran yang mendunia karena jaringannya yang luas namun tetap tulus ikhlas untuk memberi manfaat untuk umat," tuturnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top