Ditjen Hubdat Perbaiki Patok Lalu Lintas di Sepanjang Jalan Ketanggungan-Brebes

Sabtu, 28 Desember 2019 - 21:53 WIB
Ditjen Hubdat Perbaiki...
Ditjen Hubdat Perbaiki Patok Lalu Lintas di Sepanjang Jalan Ketanggungan-Brebes
A A A
BREBES - Sejumlah patok lalu lintas atau delineator di kawasan jalan Ketanggungan Brebes terlihat rusak. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan perbaikan terhadap 800 unit patok lalu lintas di kawasan jalan Ketanggungan Brebes, Sabtu (28/12/2019).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangannya mengatakan, "Setelah saya perhatikan delineator yang sudah ada sejak tahun 2017 ini banyak yang mengalami kerusakan yang diakibatkan ditabrak mobil, maupun rusak karena perilaku masyarakat yang seringkali dipasangi ban untuk penanda tambal ban."

Tindakan ini menurut Dirjen Budi merupakan suatu perilaku yang perlu diingatkan bahwa delineator yang ada di jalan merupakan suatu unit konstruksi yang diberi tanda yang dapat memantulkan cahaya (reflektif) yang berfungsi sebagai pengarah dan peringatan bagi pengemudi bahwa di sisi kiri atau kanan merupakan daerah berbahaya.

Dirjen Budi turut menambahkan bahwa pihaknya bersama BPTD Jateng-DIY akan memperbaiki delineator yang berada di kawasan jalan Ketanggungan Brebes untuk aspek keselamatan. Dia berharap delineator bukan hanya peran pemerintah yang memasang dan memelihara tetapi juga peran masyarakat sekitar untuk menjaga dan memelihara karena ini merupakan tanggung jawab bersama untuk keselamatan.

"Selain delineator ini ada beberapa alat-alat keselamatan yang terpasang di jalan yang berfungsi untuk aspek keselamatan, saya memohon kerja samanya agar dijaga dan dipelihara oleh masyarakat sekitar," pungkas Dirjen Budi.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7255 seconds (0.1#10.140)