Natuna Tegang, Urusan Investasi dengan China Tetap Normal

Rabu, 08 Januari 2020 - 15:25 WIB
Natuna Tegang, Urusan Investasi dengan China Tetap Normal
Natuna Tegang, Urusan Investasi dengan China Tetap Normal
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan, hubungan kerja sama investasi antara Indonesia dan China tetap berlangsung normal seperti biasa kendati ada ketegangan antara kedua negara terkait klaim wilayah di perairan Natuna.

"Investasi normal-normal saja. Tidak ada pengaruh apa-apa. Sesuai arahan kepala BKPM, kita tetap layani investor dengan profesional dan sebaik-baiknya," ujar Anggota Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Sebagai contoh, kata dia, hari ini kepala BKPM memberikan sambutan penutup pada acara Forum Bisnis RRT dengan Tema China Business Forum-Enhancing The Power of Indonesia Capital Market di Main Hall Gedung Bursa Efek.

Rizal mengatakan, untuk urusan kedaulatan negara dan politik sudah ada kementerian yang menanganinya. "BKPM hanya bertugas menangani masalah investasi. Biarkan semua berjalan proporsional dan profesional. Ini arahan kepala BKPM. Hubungan investasi kedua negara tetap berjalan sesuai kaidah-kaidah aturan investasi dan bisnis kedua negara," paparnya.

Rizal mencontohkan, secara diplomatik hubungan Taiwan dan China jauh lebih tegang. Namun, investor Taiwan tetap saja menjadikan China daratan sebagai tujuan utama investasinya. "BKPM mengajak semua pihak berpikir dan bertindak proporsional dan profesional dalam hal ini," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6478 seconds (0.1#10.140)