Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim

Minggu, 19 Januari 2020 - 11:39 WIB
Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim
Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim
A A A
JAKARTA - Bekerja merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang agar mampu memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Beberapa pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab dan resikonya masing-masing.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyebut setidaknya ada lima pekerjaan yang dianggap paling hot di Indonesia saat ini, tercermin dari tingginya minat pada pekerjaan ini.

"Saya jamin siapa pun yang di bidang analist, researcher, UX design, software engineer, atau product management, itu nggak mungkin nggak dapat kerjaan," kata Nadiem saat menjadi pembicara pada Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 di Jakarta, Jumat (17/1/2020). "Itu adalah lima job yang paling hot di Indonesia saat ini," imbuh mantan CEO Gojek itu.

Meskipun lima pekerjaan ini diminati, kata dia, sayangnya kemampuan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia perlu ditingkatkan. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang bakal dilakukan oleh Nadiem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sayangnya masih sulit mendapatkan jenis pekerjaan itu karena harus ada pelatihan khusus. Makanya harus dilatih lagi di perusahaan," tandasnya.

Berikut rincian dan tugas lima jenis pekerjaan paling hot ala Nadiem Makarim :

1. Analist

Job Analist bisa dikatakan sebagai sebuah proses yang melakukan eksplorasi secara sistematis di dalam suatu jabatan. Serta melakukan studi dan pencatatan tanggung jawab, tugas, keterampilan yang harus dimiliki, akuntabilitas, lingkungan kerja dan persyaratan kemampuan yang dibutuhkan pada pekerjaan atau jabatan tersebut untuk kepentingan Manajemen SDM.

Artinya, semua faktor yang dibutuhkan oleh pekerjaan dan apa yang harus dimiliki oleh seorang karyawan yang mengisi jabatan atau pekerjaan tersebut agar dapat bekerja secara produktif harus diidentifikasikan secara sistematis, jelas dan rinci dalam Analisis Jabatan ini.

2. UX Design
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.2013 seconds (11.252#12.26)