Luhut Pastikan Robot Belum Akan Gantikan Pekerjaan Wanita

Kamis, 30 Januari 2020 - 10:15 WIB
Luhut Pastikan Robot Belum Akan Gantikan Pekerjaan Wanita
Luhut Pastikan Robot Belum Akan Gantikan Pekerjaan Wanita
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia khawatir pekerjaan kaum wanita di masa depan bisa saja tergerus oleh robot. Hal ini dikarenakan kecanggihan teknologi sudah mulai terasa di Indonesia.

Terkait hal itu, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menilai belum ada tren pergeseran robot yang bakal menggantikan pekerjaan wanita di Indonesia. Pasalnya, masih banyak jenis pekerjaan yang masih menggunakan tenaga kerja konvensional.

"Ya belum sampai ke situ, seperti orang di Morowali banyak labour intensive (padat karya) kok. Berarti labour intensive pun harus skillfull, makanya ada politeknik untuk melatih mereka," ujar Luhut di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dia melanjutkan, kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia memang masih rendah. Oleh karena itu pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan SDM.

"Memang kita salah selama ini berpuluh-puluh tahun kita enggak punya politeknik yang berkualitas terutama di Indonesia timur," jelasnya.

Secara terpisah, BKPM bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan berusaha menggiring investasi ke sektor-sektor berkualitas dan mampu menciptakan lapangan kerja yang banyak.

"Menciptakan lapangan kerja adalah salah satu tujuan utama bagi investasi. Negara juga punya kewajiban untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM)," tandasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6296 seconds (0.1#10.140)