Dorong Kemandirian UMKM, BCA Gelar Pelatihan dan Pembinaan

Kamis, 13 Februari 2020 - 21:44 WIB
Dorong Kemandirian UMKM, BCA Gelar Pelatihan dan Pembinaan
Dorong Kemandirian UMKM, BCA Gelar Pelatihan dan Pembinaan
A A A
JAKARTA - Guna meningkatkan peran UMKM sebagai salah satu pilar penting perekonomian, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan kegiatan Gathering UMKM di Bekasi, Rabu (12/02/2020). Kepala KCU Bekasi Johanes Wirli Tan mengatakan, saat ini, UMKM memiliki ketahanan serta resiliensi ekonomi yang tinggi. Di sisi lain, perkembangan UMKM kerap kali dihadapi oleh permasalahan modal dan pemasaran.

"Oleh karena itu, BCA terus berkomitmen untuk menyalurkan kredit dengan tepat sasaran dalam menjangkau UMKM yang produktif serta memberikan solusi, dukungan, dan kemudahan dalam mencapai tujuan bisnis pelaku UMKM maupun nasabah yang salah satunya dilakukan melalui pembinaan UMKM,” ujar Johanes.

Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala UMKM BCA Wilayah IX Salim Sutanto, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono dan Kepala Seksi Pembiayaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bekasi, Herawan.

Pembinaan ini, kata Johanes, merupakan sebuah langkah awal pengembangan UMKM di Bekasi sebagai salah satu kawasan industri dalam mengembangkan bisnisnya secara mandiri di tengah era industri 4.0. "BCA memfasilitasi para pelaku UMKM di Bekasi agar dapat menjadi trendsetter bagi usahanya".

Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga akan menerima penjelasan tentang trend digital & e-commerce, sosial media, serta pemahaman lebih tajam sebagaik pelaku usaha UMKM. Di sisi lain, pembinaan ini juga sebagai wadah untuk menjalin relasi antara nasabah dengan para pelaku UMKM untuk dapat memahami tren kebutuhan masyarakat yang dinamis.

Pemberdayaan terhadap UMKM di Indonesia, lanjut Johanes, perlu ditingkatkan sehingga dapat memajukan ekonomi daerah, membuka lapangan pekerjaan, dan mengurangi angka kemiskinan. "Di sisi lain, kami berharap pembinaan ini dapat memberikan dampak positif khususnya dalam menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” tutup Johanes.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)