Perluas Pasar Ekspor, Sido Muncul Luncurkan 7 Suplemen Makanan

Kamis, 20 Februari 2020 - 16:46 WIB
Perluas Pasar Ekspor, Sido Muncul Luncurkan 7 Suplemen Makanan
Perluas Pasar Ekspor, Sido Muncul Luncurkan 7 Suplemen Makanan
A A A
JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul) hari ini meluncurkan tujuh produk baru berupa suplemen makanan (food supplement). Langkah ini merupakan bagian dari strategi Sido Muncul untuk masuk pasar global.

Ketujuh produk food supplement tersebut adalah Tolak Angin, Tolak Linu, Sari Kunyit, Vitamin E 100 I.U, Vitamin E 300 I.U, Vitamin D3 400 I.U, dan Virgin Coconut Oil (VCO).

"Produk jamu hanya negara tertentu saja, tapi produk suplemen kan bisa masuk ke berbagai negara," kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat saat peluncuran di kantor Sido Muncul di Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Irwan menjelaskan bahwa tujuh produk yang diluncurkan merupakan inovasi dari Food Supplement Sido Muncul yang dikemas dalam bentuk soft capsule. Langkah ini dilakukan agar perusahaan dapat memperluas pangsa pasar ekspor.

“Sebelumnya, Sido Muncul telah memasarkan 33 Food Supplement bentuk kapsul. Sedangkan tujuh produk baru ini merupakan pengembangan dari Food Supplement Sido Muncul yang dikemas dalam bentuk soft capsule," terangnya.

Menurut dia, langkah pengembangan produk suplemen makanan ini dilakukan karena potensi pertumbuhan penjualan di berbagai negara akan terbuka lebar. Dia menuturkan, di negara lain tidak ada regulasi terkait jamu, tapi untuk food supplement sudah ada standar dan regulasinya di dunia. "Jadi kami harap bisa memperluas penjualan produk kami bukan hanya domestik tapi hingga seluruh dunia,” ucapnya.

Food Supplement Sido Muncul diekstraksi menggunakan mesin khusus herbal bersuhu rendah agar zat aktif dalam produk tetap terjaga. Setiap batch telah melalui quality control untuk memastikan produk bebas uji aflatoksin, cemaran mikroba, logam berat, pupuk, dan tes DNA agar produk bebas barang haram.

Irwan menjelaskan, proses pengembangan produk soft capsule telah dimulai sejak 2015. Pada 2017, Sido Muncul membeli mesin soft capsule dengan teknologi modern, yaitu Mesin Pencampuran, Enkapsulasi, Pengiring, dan Capsule Printing. Seluruh mesin dioperasikan secara otomatis dan tertutup. Semua parameter produksi juga dijaga dan dikendalikan secara otomatis melalui control panel.

Wakil Direktur Marketing Sido Muncul Maria Reviani Hidayat mengatakan, tujuh suplemen makanan Sido Muncul yang baru diluncurkan tetap memiliki khasiat yang sama dengan produk-produk Sido Muncul sebelumnya.

Sebagai contoh, kata dia, satu soft capsule Tolak Angin memiliki khasiat yang sama dengan satu sachet Tolak Angin. Begitu juga dengan produk lainnya. "Yang membedakan hanya bentuknya saja. Jadi, soft capsule ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang kurang menyukai aroma jamu,” tuturnya.

Sido Muncul diketahui telah memiliki ijin produksi untuk produk soft capsule berupa sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dari Badan POM RI pada 19 September 2018.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7712 seconds (0.1#10.140)