Menko Airlangga Siap Beri Fasilitas Khusus 500 Importir Bereputasi Baik

Rabu, 04 Maret 2020 - 11:42 WIB
Menko Airlangga Siap Beri Fasilitas Khusus 500 Importir Bereputasi Baik
Menko Airlangga Siap Beri Fasilitas Khusus 500 Importir Bereputasi Baik
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto siap memberikan fasilitas khusus sebagai upaya untuk mendorong sektor perdagangan yang terdampak wabah virus corona. Sebelumnya Menteri Keuangan (Menkeu) mengungkapkan, bakal memperlonggar ketentuan impor untuk sekitar 500 importir yang baik.

"Sudah dievaluasi 500 ini bagus, kalau 500 ini sebagai importir baik ya kita harus memberikan fasilitas khusus," ujar Menko Bidang Perekonomian Airlangga di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Lebih lanjut terang dia, pemerintah akan menghapus aturan pembatasan atau larangan impor bahan baku. Adapun pemerintah menyatakan juga siap memberi pengurangan tarif impor. "Impor kan tergantung situasi, karena sekarang dengan situasi ini mesti mencari alternatif source," jelasnya

Airlangga menambahkan, pemerintah akan menerapkan kebijakan untuk efisiensi proses logistik sehingga distribusi bahan pokok dapat ditekan biayanya. "Barangnya apa dulu. Kalau tekstil bisa dari dalam negeri, kita sudah punya rayon, polyester, justru kesempatan untuk meningkatkan produksi nasional," ungkapnya.

Sebelumnya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, bakal memperlonggar ketentuan impor untuk sekitar 500 importir agar kegiatan impor segera pulih, di tengah tekanan ekonomi akibat menyebarnya wabah virus Corona. Lebih lanjut mantan Direktur Bank Dunia itu menginstruksikan Direktorat Jendral Bea Cukai agar mendata 500 importir dengan reputasi baik yang dinilai layak untuk mendapat keringanan impor.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5496 seconds (0.1#10.140)