alexametrics

Demi Nasabah Jiwasraya, Kementerian BUMN Bakal Jual Citos ke Swasta

loading...
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal membuka peluang untuk menjual aset PT Jiwasraya pada pihak swasta. Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga menyatakan, salah satu aset PT Jiwasraya (Persero) yakni Cilandak Town Square atau yang populer dengan sebutan Citos bakal dijual ke pihak swasta.

“Sudah mulai ditawarkan dan banyak yang minat untuk Citos,” tutur Arya kepada sejumlah media di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Dia melanjutkan, Citos merupakan aset yang ciamik sehingga peminatnya banyak. Namun, pelepasan aset Jiwasraya tersebut membutuhkan persetujuan dari pemerintah dan DPR RI.



“Nah, ini (pelepasan aset Citos) juga salah satu yang kita bahas di panja (panitia kerja) Komisi IV dan XI. Sehingga kalau panja sudah selesai, kita tinggal merealisasikan semua pembaharuan skema yang kita tawarkan,” paparnya.

Menurut dia, nilai aset Citos berkisar Rp2-3 triliun. Jumlah aset tersebut belum dapat menutupi keseluruhan kewajiban pembayaran perseroan kepada nasabah yang mencapai puluhan triliunan rupiah.

“Kenapa (Citos) dijual? Ya untuk kepentingan pembayaran nasabah. Nasabah mana sih mikir, mau aset bagus kah atau enggak, yang penting uang saya dikembalikan. Lagian, kalau semua aset milik Jiwasraya semua dijual, enggak cukup bayar keseluruhan dana nasabah,” pungkasnya.

Saat ini, BUMN asuransi pelat merah ini kekurangan solvabilitas dimana ekuitasnya negatif mencapai Rp28 triliun per Desember 2019. Jiwasraya juga mengalami kesulitan likuiditas untuk memenuhi kewajiban pembayaran klaim kepada pemegang polis sebesar Rp16 triliun.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top