34% Pelapor SPT Pakai E-Filling, Sri Mulyani: Uang Pajak Menjaga Negara Ini

Selasa, 10 Maret 2020 - 19:35 WIB
34% Pelapor SPT Pakai E-Filling, Sri Mulyani: Uang Pajak Menjaga Negara Ini
34% Pelapor SPT Pakai E-Filling, Sri Mulyani: Uang Pajak Menjaga Negara Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ada peningkatan hingga 34% Wajib Pajak (WP) orang pribadi yang telah menyampaikan SPT-nya secara online. Sementara itu tercatat laporan SPT Tahunan yang sudah masuk sudah mencapai 6,2 juta.

"Tahun ini perkembangan cukup mengembirakan dari sisi kepatuhan WP OP. Masyarakat luas semakin menyadari bayar pajak sebuah kewajiban untuk merawat Republik ini," ungkap Menkeu di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

(Baca Juga: Tebar Insentif Pajak untuk Menangkis Dampak Corona ke Ekonomi)

Dari total keseluruhan laporan SPT Tahunan, dimana 34,2% di antaranya disampaikan melalui e-filing DJP. Sedangkan yang menyampaikan SPT secara manual turun 5%. Ini menunjukkan layanan SPT secara elektronik DJP semakin baik.

"Saya berterima kasih kepada 6,2 juta WP OP yg sudah menyerahkan SPT Tahunan dan saya berharap ini akan diikuti oleh WP OP lain sehingga di akhir bulan (Maret) laporan SPT Tahunan OP akan terus meningkat," pesannya.

(Baca Juga: Sri Mulyani Siap Presentasikan Penundaan PPh ke Jokowi)

Lebih lanjut terang dia, Tim Satgas Penerimaan SPT Tahunan Tahun 2020 meliputi beberapa bidang yakni teknologi informasi, peraturan, kepatuhan, proses bisnis, penyuluhan, pelayanan, dan kehumasan. Selain itu untuk mengantisipasi beban puncak di bulan Maret 2020, perangkat server untuk e-filling ditambah dari 10 menjadi 20 server dan kapasitas bandwith juga diperbesar hingga tiga kali lipat.

"Saya juga berterima kasih sekali ada 7.740 relawan. Mahasiswa bersedia menjadi relawan untuk membantu masyarakat mengisi SPT Tahunan. Sebuah kesadaran kebangsaan yang sangat luar biasa. Saya sangat bangga dan berterima kasih," tukas Menkeu.

Terakhir, Menkeu berterima kasih dan berharap tim DJP terus meningkatkan pelayanan. "Kita ingin masyarakat segera menyampaikan laporan SPT Tahunan Orang Pribadi karena uang pajak yang akan membangun dan menjaga negara ini," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)