Panduan Cara Memasang Kusen, Pintu, dan Jendela Rumah

Rabu, 11 Maret 2020 - 12:44 WIB
Panduan Cara Memasang Kusen, Pintu, dan Jendela Rumah
Panduan Cara Memasang Kusen, Pintu, dan Jendela Rumah
A A A
JAKARTA - Tulisan kali ini merupakan bagian dari rangkaian tulisan minggu lalu tentang proses pembuatan dinding rumah. Proses pembuatan dinding dilakukan hampir bersamaan dengan pemasangan kusen, baik kusen pintu maupun kusen jendela.

Dalam tulisan ini, Agus Kriswandi Basyari dari Pitaloka Land akan memandu Anda dalam pemasangan kusen, pintu dan jendela.

Pertama, untuk meletakkan daun pintu atau jendela pada dinding, maka perlu dipasang rangka yang disebut kusen. Untuk rumah tinggal biasanya kusen terbuat dari kayu. Pemasangan kusen kayu ini akan memberikan tampilan yang hangat dan indah dari tampilan tekstur serat-serat kayu yang dimilikinya.

Dalam pemasangan kusen, bahan yang harus disiapkan adalah kusen kayu, anker, benang untuk menimbang, dan selang ukur. Cara kerjanya adalah dengan membentangkan benang berjarak separuh dari tebal kusen atau di as bowplank untuk menentukan kedudukan kusen. Kemudian pasang anker pada kusen secukupnya. Anker bisa terbuat dari paku ukuran 12 atau besi behel ukuran 6 mm yang dipotong sesuai kebutuhan.

Selanjutnya dirikan kusen dan tentukan dudukan kusen pintu, yaitu 2 meter dari tinggi bowplank. Setel dudukan kusen pintu tersebut hingga berdiri tegak dan stabilkan agar dudukannya kokoh dengan cara memasang skur yang diikatkan pada patok yang dipasang agar skur menjadi kokoh. Pastikan dudukan kusen pintu sesuai pada tempatnya, serta ketinggian kusen dan ketegakkannya.

Langkah berikutnya adalah pekerjaan memasang daun pintu. Pintu itu terdiri dari kusen dan daun pintu. Kusen dipasang tetap atau mati menempel pada dinding, sedangkan daun pintu digantung pada kusen dengan menggunakan engsel agar dapat berputar.

Dudukan daun pintu saat ditutup melekat pada sponing kusen dan bagian bawahnya dibuat beberapa senti di atas lantai. Sesuaikan tinggi dan lebar daun pintu dengan kusen. Potong daun pintu bila terlalu lebar atau terlalu tinggi.Pasang pintu pada kusennya, setel sampai masuk dengan toleransi kelonggaran 3-5 mm, baik lebar maupun tingginya. Selanjutnya pasang engsel daun pintu pada tiang daun pintu dengan jarak dari sisi bagian bawah 30 cm dan sisi bagian atas 25 cm. Pastikan pintu dapat dibuka tutup dengan lancar.
Selanjutnya yaitu pemasangan kusen jendela. Sama halnya dengan pemasangan kusen pintu, kusen jendela pun dipasang tetap atau mati menempel pada dinding. Pada dasar cara pemasangan kusen jendela sama saja dengan cara pemasangan kusen pintu, yaitu menggunakan anker dan ada pemasangan skur. Setelah pekerjaan pemasangan kusen jendela selesai dan telah siap dipasangkan daun jendelanya, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan daun jendela.

Dalam pemasangan daun jendela, hal yang pertama dilakukan adalah mengukur lebar dan tinggi kusen jendela, kemudian mengukur lebar dan tinggi daun jendela. Potong atau ketam daun jendela bila ukurannya kurang sesuai, kemudian setel sampai masuk ke kusen dengan toleransi kelonggaran 3-5 mm, baik lebar maupun tingginya.Pasang engsel pada daun jendela dengan jarak dari bawah 15 cm, dan dari atas 15 – 20 cm. Pastikan daun jendela berfungsi dengan baik. Demikian cara sederhana memasang kusen pintu dan kusen jendela, semoga bermanfaat.
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3540 seconds (0.1#10.140)