alexametrics

Tertarik Ikut Program SII? Ini 8 Sektor Prioritasnya

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pendaftaran untuk Program Startup Inovasi Indonesia (SII) oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) telah dibuka sejak 5 Maret lalu hingga 20 Maret 2020.

Melalui program yang merupakan rebranding dari Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang berlangsung pada tahun 2015-2019 ini, Kemenristek menyalurkan bantuan pembiayaan bagi pengembangan startup.

Staf Khusus Kemenristek/BRIN Danang Rizki Ginanjar menuturkan bahwa untuk tahun 2020, ada 8 sektor prioritas yang menjadi fokus program SII. "Sektor-sektor tersebut adalah pangan, transport, kesehatan, energi, engineering, maritim, pertahanan keamanan, dan multidisiplin," ujar Danang dalam #GotongRoyongTalks di MNC X Kolega Park Tower Jakarta, Kamis(12/3/2020).



Ia berharap melalui program tersebut, akan ada startup yang benar-benar berbobot. "Bukan startup yang ngejar grant. Dijamin seleksinya akan lebih sulit, karena kita saring betul-betul," ungkap Danang.

Untuk memastikan programnya berjalan dengan tepat, kategori pra-startup dan startup akan diarahkan untuk mendaftarkan diri ke Kemenristek/BRIN.

"Sementara itu, untuk yang kategori scale-up, kami sudah berkoordinasi dengan kementerian-kementerian lainnya untuk pembagian ruang sesuai fokus bisnisnya, jadi ngga bertabrakan," jelasnya.

Danang mengatakan bahwa inovasi-inovasi anak bangsa sejauh ini menakjubkan. "Ada startup yang membuat tangan bionik, drone, dan juga meja kursi dari jamur. Sudah banyak karya anak-anak bangsa yang bagus, tinggal caranya bagaimana supaya masuk market, jangan sampai berhenti hanya di prototyping," ungkapnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top