Dorong UMKM Manfaatkan e-Commerce Demi Dongkrak Ekspor

Kamis, 12 Maret 2020 - 23:08 WIB
Dorong UMKM Manfaatkan e-Commerce Demi Dongkrak Ekspor
Dorong UMKM Manfaatkan e-Commerce Demi Dongkrak Ekspor
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong pertumbuhan ekspor dan menjaga neraca perdagangan. Salah satu langkah yang dilakukan yakni mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pemanfaatan niaga elektronik (niaga-el/e-commerce).

“Pemerintah perlu bekerja sama dengan pelaku usaha niaga-el, karena pada umumnya, pelaku usaha memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih beragam dan intens. Melalui kolaborasi tersebut, kita dapat mendukung peningkatan ekspor Indonesia sesuai dengan keahlian dan kompetensi masing-masing,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut terang dia, Kreasi Nusantara merupakan kanal yang diluncurkan Shopee sejak Februari 2018 ini didedikasikan khusus untuk menyoroti produk-produk lokal Indonesia yang berkualitas. Sejak kanal ini diluncurkan, program Kreasi Nusantara meningkatkan transaksi harian produk UMKM sebesar delapan kali lipat melalui kanal Dari Lokal untuk Global.

“Pencapaian yang kami raih sejak pertama kali peluncuran kanal Kreasi Nusantara, menginisiasi UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mendorong pelaku UMKM meningkatkan potensi bisnisnya," katanya.

Wamendag Jerry menambahkan, diperlukan terobosan dan ide kreatif untuk meningkatkan daya saing UMKM, sehingga produk Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing dengan produk luar negeri. Sejalan dengan upaya tersebut, dibutuhkan peran serta dan dukungan dari setiap pihak terkait untuk mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya.

Untuk hal ini, Kemendag tentu digaris depan sebagai pembina UMKM khususnya yang berorientasi ekspor. “Dengan adanya program Kreasi Nusantara yang sejalan dengan visi Presiden Jokowi, Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi inisiatif Shopee dalam mendukung perkembangan UMKM khususnya untuk menembus pasar global,” jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4295 seconds (0.1#10.140)