alexametrics

KKP Kampanyekan Physical Distancing di Wilayah Pesisir

loading...
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui aparat Pengawas Perikanan dan Polisi Khusus Pengawasan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (Polsus PWP3K) pada Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) mengkampanyekan physical distancing kepada masyarakat kelautan dan perikanan yang berada di kawasan pesisir.

"Kami sudah instrukan jajaran di lapangan untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam mendukung program physical distancing yang dilaksanakan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19" terang Direktur Jenderal PSDKP-KKP Tb. Haeru Rahayu di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Sambung dia menambahkan, bahwa telah dibentuk masing-masing satuan tugas pada tiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSDKP dalam rangka mengkampanyekan physical distancing maupun mendukung program-program pemerintah lainnya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan Covid-19.



"Ini juga sesuai dengan arahan Pak Menteri, bahwa semua jajaran di KKP akan bahu membahu bersama dengan aparat pemerintah lainnya untuk mencegah agar dampak penyebaran Covid-19 ini bisa dikurangi," tambah Haeru.

Ia menjelaskan, bahwa di Bitung-Sulawesi Utara misalnya, Pengawas Perikanan yang tergabung dalam Tim Ops Sea Rider 06 telah melaksanakan kampanye dan himbauan dengan menggunakan pengeras suara kepada masyarakat di Talise, Minahasa Utara untuk mengikuti semua anjuran yang sudah disampaikan oleh Pemerintah terkait dengan Physical distancing maupun upaya melaksanakan hidup sehat.

"Tim kami turun langsung ke sentra-sentra pesisir dimana masyarakat biasanya masih berkumpul dan menghimbau untuk kembali ke rumah masing-masing, melaksanakan himbauan pemerintah untuk physical distancing dan melaksanakan pola hidup sehat," jelas Haeru.

Pengawas Perikanan juga menghimbau nelayan yang masih beraktivitas agar tidak lupa untuk menjaga kesehatan selama bekerja agar dapat terhindar dari penularan Covid-19 ini. Dengan aktivitas yang cenderung berkelompok tentu nelayan memiliki kerentanan yang cukup besar untuk terjangkit Covid-19 ini.

Selain di Bitung, Haeru juga menjelaskan bahwa di Bengkulu, ia menugaskan Polsus PWP3K pada Satwas PSDKP Bengkulu bekerja sama dengan Ditpolair Polda Bengkulu untuk menggalakkan kegiatan yang sama dalam rangka sosialisasi pencegahan dan pemberantasan Covid-19 kepada masyarakat nelayan di Kampung Bahari dan Kampung Sejahtera.

"Kegiatan kami seperti di Bitung dan Bengkulu ini akan terus dilanjutkan oleh petugas kami di daerah lain. Fokus kami saat ini adalah bersama dengan instansi terkait dan masyarakat kami bahu membahu untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini," pungkasnya.

Indonesia saat memang menjadi salah satu negara yang sedang berjuang untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 ini. Beberapa langkah strategis telah ditempuh oleh Pemerintah Indonesia di antaranya dengan mendatangkan alat kesehatan untuk penanggulangan Covid-19. Penggunaan Wisma Atlet dan beberapa hotel sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19 serta upaya untuk terus mengkampanyekan physical distancing dan pola hidup sehat.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top